LIPSUS: Jelang Lebaran, Pasar Mobil Bekas Ikut Menggeliat

Meningkatnya penjualan mobil bekas bahkan mulai terlihat sejak jauh hari yakni dua bulan sebelum Lebaran tiba

LIPSUS: Jelang Lebaran, Pasar Mobil Bekas Ikut Menggeliat
Tribun Jogja/Yudha Kristiawan
ilustrasi

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dwi Nourma Handito

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menjelang Lebaran terjadi ledakan dalam penjualan mobil bekas di DIY. Meningkatnya penjualan mobil bekas bahkan mulai terlihat sejak jauh hari yakni dua bulan sebelum Lebaran tiba.

Hal tersebut terjadi di Otobursa TVRI, yang selama ini sudah sangat terkenal menjadi pasar mobil bekas untuk wilayah DIY dan sekitarnya.

Adapun pada Minggu (13/7/2015) kemarin, dari catatan Panitia Otobursa TVRI ada 1200 kendaraan yang dijual di sekitar gedung TVRI Yogya.

"Dua bulan sebelum Lebaran sudah meningkat. Penjual mengandalkan otobursa karena disini sudah menjadi pasar mobil sejak lama," ujar Harwoto Suryopranoto, salah satu panitia Otobursa TVRI.

Untuk jumlah kendaraan yang berhasil terjual, menjelang Lebaran menurut Harwoto sekitar 80-100 tiap minggunya. "Ini akan berkembang, tidak hanya pas Minggu waktu Otobursa digelar, namun juga hari setelahnya, karena biasanya akan menghubungi lagi," jelasnya.

Adapun untuk penjual dan pembeli bukan hanya dari DIY saja, namun juga dari sekitar DIY seperti dari Solo, Purworejo, Muntilan dan daerah lain.

Untuk penjual, sebagian besar atau sekitar 60 persen adalah penjual perorangan sedangankan sisanya adalah berasal dari diler.

Sama dengan hari biasa, menjelang Lebaran mobil keluarga adalah kendaraan yang paling diburu oleh pengunjung Otobursa.

Bahkan persentasenya bisa mencapai 80-90 persen dari total transaksi yang ada.

Halaman
12
Penulis: dnh
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved