Petugas Cek Beras di Pasar Kranggan

Pasar Kranggan menjadi lokasi pertama tempat pemeriksaan karena pasar itu cukup besar, dan salah satu pasar pemasok beras paling besar

Petugas Cek Beras di Pasar Kranggan
Tribun Jogja/ Rendika Ferri K
Pemeriksaan beras oleh Disperindag Kota Yogya, di Pasar Kranggan, Selasa (26/5/2015). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Isu peredaran beras plastik yang berkembang akhir-akhir membuat resah sebagian masyarakat, baik penjual maupun pembeli beras di wilayah DIY. Mengantisipasi kemungkinan masuknya beras sintetis ke wilayah Kota Gudeg, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Yogyakarta, Selasa (26/5/2015) langsung menggelar pemeriksaan beras.

Sasarannya adalah pasar-pasar tradisional wilayah kote setempat. Pemeriksaan dilakukan untuk beras di wilayah Kota Yogyakarta aman. Pasar Kranggan menjadi lokasi pertama tempat pemeriksaan karena pasar itu cukup besar, dan salah satu pasar pemasok beras paling besar di kota.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkoptan Kota Yogyakarta, Sri Harnani menuturkan, pemeriksaan itu baru pertama kali dilaksanakan setelah maraknya pemberitaan mengenai peredaran beras plastik belakangan. Pemeriksaan ditujukan untuk memastikan beras di wilayah Kota Yogyakarta aman dari peredaran beras plastik.

Tim kecil dibentuk untuk menyusur semua penjual beras di Pasar Kranggan. Dari tiga pedagang yang diperiksa, dipastikan tak satupun menjual beras plastik. Metode pengujian beras dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan digigit dan pengamatan secara fisik.

"Ini pertama kali kami melakukan pemeriksaan. Di Pasar Kranggan, tak satupun ditemukan beras plastik. Pengujian dengan cara sederhana, yaitu dengan cara digigit. Beras asli jika digigit akan berbunyi kres. Pengamatan fisik terhadap beras plastik juga dilakukan secara kasat mata," ujar Sri, ketika melakukan pemeriksaan di Pasar Kranggan.

Bagaimana hasil pemeriksaan beras tersebut? Amankah beras yang dijual di Yogya? Simak berita selengkapnya di halaman 13 koran Tribun Jogja edisi Rabu (27/5/2015). (*)

Tags
Beras
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved