Temuan Beras Sintetis Berbahan Plastik

Inspeksi Beras di Kalibawang Kulonprogo Tak Temukan Beras Sintetis

Meski di daerah lain telah ditemukan peredaran beras palsu, namun hasil inspeksi tersebut ternyata nihil temuan beras sintetis.

Inspeksi Beras di Kalibawang Kulonprogo Tak Temukan Beras Sintetis
TRIBUN JOGJA/PADHANG PRANOTO
Beras berkutu dan kualitasnya menurun karena disimpan terlalu lama. Temuan ini didapat saat inspeksi di Gudang Bulog Meger, Ceper, Klaten, Selasa (5/5/2015). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yoseph Hary W

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Tim Kepolisian Sektor Kalibawang bersama koramil, camat dan eksekutif pemerintahan Kulonprogo, menggelar operasi pengawasan beras di beberapa pasar dan toko, Selasa (26/5/2015). Meski di daerah lain telah ditemukan peredaran beras palsu, namun hasil inspeksi tersebut ternyata nihil temuan beras sintetis.

Kapolsek Kalibawang, AKP Joko Sumarah, mengatakan inspeksi dilakukan menindaklanjuti temuan beras palsu di daerah lain. Meski tidak ada temuan, hal itu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan masuknya beras plastik di Kalibawang.

Tim gabungan itu menyisir sejumlah pasar, termasuk Pasar di Dekso. Selain melakukan pengawasan, tim juga memberikan sosialisasi kepada pedagang. Beberapa sampel beras juga diambil dari pedagang. Tim kemudian melakukan tes dengan cara dimasukkan dalam air dan dibakar.

"Kami ingin jangan sampai isu ini mengganggu ekonomi masyarakat," kata Joko.

Camat Kalibawang, Setiawan Tri Widada, mengatakan inspeksi kali ini tidak menemukan beras palsu. Berdasarkan uji sampel, menurutnya, semua beras di wilayah itu murni atau asli.

"Jadi aman. Sejauh ini tidak ada beras palsu atau sintetis," katanya. (*)

Tags
Beras
Penulis: Yoseph Hary W
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved