Pelaku Kasus Hello Kitty Tersenyum Setelah Dengar Vonis Hakim

Wajah RS (16) tersenyum lega usai hakim membacakan putusan untuk kasus yang dihadapinya dalam persidangan

Pelaku Kasus Hello Kitty Tersenyum Setelah Dengar Vonis Hakim
Tribun Jogja/Anas Apriyadi
RS saat mengikuti sidang di PN Bantul Selasa (19/5/2015) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Anas Apriyadi

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Wajah RS (16) tersenyum lega usai hakim membacakan putusan untuk kasus yang dihadapinya dalam persidangan yang digelar Selasa (19/5/2015), di Pengadilan Negeri Bantul.

RS menjadi salah satu pelaku dalam kasus penganiayaan gara-gara tato Hello Kitty kepada LA (18). Dalam persidangan yang dipimpin hakim Intan Trikumalasari SH tersebut, RS akhirnya bisa bernapas lega setelah terhindar dari hukuman penjara yang dituntukan jaksa kepadanya.

Dalam persidangan tersebut, RS hanya dijatuhi hukuman pembinaan di lembaga Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Yogyakarta selama satu tahun enam bulan.

"Yang kedua, anak harus segera dikeluarkan dari tahanan," imbuh hakim Intan dalam putusannya.

Majelis hakim sebenarnya memutuskan RS terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sesuai pasal 333 ayat 1 junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP tentang merampas kemerdekaan seseorang secara bersama-sama, serta pasal 351 ayat 1 junto pasal 55 ayat 1 ke-1 tentang penganiayaan secara bersama-sama.

Menurut majelis hakim, peran RS dalam penganiayaan korban LA diantaranya ikut menjemput korban ke tempat penyekapan, turut menampar korban, serta memegangi tangan korban saat korban dianiaya dengan dimasukkan botol ke dalam kemaluannya oleh tersangka utama RA (18) yang masih buron.

Majelis hakim memutuskan tidak menjatuhkan hukuman penjara selama empat tahun seperti yang dituntutkan jaksa dengan mempertimbangkan kondisi usia RS yang masih tergolong anak-anak.

"Anak masih punya masa depan yang panjang sehingga hukuman penjara dirasa tidak tepat sebagai pembelajaran agar tindak pidana yang dilakukan," paparnya. (tribunjogja.com)

Penulis: apr
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved