Breaking News:

Lipsus Keluhan Peserta BPJS

Keluhan Peserta BPJS Dilaporkan ke Ombudsman DIY

Dia mengaku sejak awal dia tidak pernah mendapatkan informasi, jika untuk paket persalinan bagi peserta mandiri

Penulis: oda | Editor: Hendy Kurniawan
BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, JOGJA - Merasa kecewa dengan pelayanan BPJS yang kurang memberikan informasi, Adi Hertanto (27), warga Kampung Prenggan, Kecamatan Kota Gedhe, akhirnya melaporkan keluhannya ke Lembaga Ombudsmen DIY (LO DIY).

Dia mengaku sejak awal dia tidak pernah mendapatkan informasi, jika untuk paket persalinan bagi peserta mandiri, anak tidak ditanggung oleh pihak BPJS. BPJS hanya menanggung sang ibu yang menjadi pembayar premi. Sepengetahuannya, istri dan anaknya ditanggung BPJS.

“Saya juga melaporkan hal ini ke Lembaga Ombudsmen DIY. Saya berharap BPJS menanggung semua biaya anak saya, karena saya tidak mendapatkan informasi sejak awal. Kalau sejak awal ada informasi tentu saya sudah siap-siap," kata Adi, di Jogja, beberapa hari yang lalu.

Istri Adi, Agnes Putri (28), harus menjalani operasi caesar di RS Bethesda, karena ketubannya pecah saat usai kandungan baru tujuh bulan pada Juni 2014. Berat badan kedua anak kembar yang dilahirkan istrinya ternyata kurang dan harus menjalani perawatan di RS. Biaya Rp 71 juta lebih untuk merawat anaknya ternyata tidak tertanggung BPJS.

Mengenai pelaporan tersebut, pihak RS Bethesda sempat menyebutkan pihaknya didatangi oleh LO DIY, meskipun Tribun Jogja belum menanyakannya. RS Bethesda diklarifikasi soal keluhan Adi yang diterima LO DIY. “Kami juga didatangi Lembaga Ombudsmen soal hal ini, dan semua sudah kami jelaskan," tutur Kepala Bagian Humas dan Marketing, Nur Sutawati.

Sementara itu, BPJS DIY mengaku belum mengetahui adanya laporan ke pihak LO DIY dari pihak peserta BPJS yang merasa kecewa. Selain itu, belum ada koordinasi dari divisi lainnya di BPJS terkait hal itu.

"Kita tidak ada panggilan dari Ombudsman. Kalau sebelumnya juga pernah juga tapi beda masalah," kata Kepala Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Yogyakarta, Erna Dyah Ekowati. (*)

Tags
BPJS
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved