Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui soal Sarung Mobil

Umumnya sarung mobil terbuat dari kain parasit yang antiair dan bisa memantulkan kembali sinar matahari guna mengurangi panas saat memasuki kabin

Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui soal Sarung Mobil
mobil.otomotifnet.com
Ilustrasi

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - AREA parkir di halaman yang cukup luas dengan terbatasnya garasi atau tempat beratap yang tersedia, tak pelak mobil kesayangan harus berjemur di bawah pohon yang rindang. Nah, cover mobil atau yang memiliki nama lain sarung atau selimut mobil yang berguna menutupi seluruh bodi, amat sangat diperlukan saat parkir di halaman terbuka.

Di pasaran, saat ini beredar berbagai jenis sarung mobil. Namun pada umumnya sarung mobil terbuat dari kain parasit yang antiair dan bisa memantulkan kembali sinar matahari guna mengurangi panas saat memasuki kabin. Untuk pilihan warna pun ada berbagai jenis, sesuai selera pemilik mobil.

Otomotifnet.com melansir, tidak hanya sarung mobil impor, ada pula sarung mobil buatan lokal yang memiliki karet ditiap ujungnya. Untuk sedan rata-rata Rp110 ribu kemudian Multi Purpose Vehicle rata-rata Rp125 ribu. Sementara itu model SUV (Sport Utility Vehicle) contohnya Mitsubishi Pajero Sport dihargai Rp175 ribu.

Berikutnya di tingkat harga medium, terdapat merek yang punya kelebihan ada karet di sekeliling ujungnya. Apabila dipasang menutupi bodi mobil, ujung paling bawah sarung mobil bisa mencapai setengah lingkar roda. Jadi sekujur bodi tertutup rapat. Jahitan juga rapi dan kain bagian dalam cukup halus.

Kisaran harganya pun masih cukup terjangkau. Ukuran sedan dihargai Rp190 ribu, MPV dibanderol Rp200 ribu sampai Rp225 ribu. Untuk mobil dimensi besar berkisar Rp300 ribuan.

Selain asal dan rentang harga, ada pula sarung mobil yang didasarkan pada banyaknya lapisan pelindung. Deputy Store Manager Ace Hardware Ambarrukmo Plaza, Ristyan Nuswantoro mengatakan, selain produk sarung satu lapisan, ada pula produk impor yang memiliki hingga lima lapisan. Hal ini tentu saja memiliki banyak keunggulan.

"Banyak pemilik mobil mengeluh pada sarung mobil yang hanya satu lapisan. Sebabnya, sarung mobil malah bisa membuat lecet bodi. Sisa pasir yang mungkin masih tertinggal bisa menggesek ketika sarung bergerak. Kemudian, kalau ditutup dalam kondisi lembab bisa menjamur yang susah dihilangkan. Kalau sudah begitu tentu harus body repair yang biayanya mahal," jelasnya.

Keunggulan produk yang memiliki banyak lapisan ini, terang Ristyan, ada pada kemampuannya untuk menangkal kelembaban. Sebab, ada lapisan yang "memberi nafas" (breathable) sehingga permukaan mobil kondisinya senantiasa terjaga.

"Selain itu ada pula lapisan anti-UV yang melindungi permukaan mobil dari paparan sinar UV. Yang tidak kalah penting, lapisan juga melindungi dari paparan air dari luar sehingga tahan hujan. Pada intinya, sarung multi lapisan ini tahan hujan, tetap kering dan tidak menimbulkan jamur," ungkapnya.

Untuk produk yang memiliki lima lapisan, biasanya terdiri dari durable outer layer, durable supplemental 2nd layer, breathable 3rd layer, protective 4th layer dan soft luxurious inner layer.

Sementara untuk produk yang memiliki tiga lapisan biasanya terdiri dari soft, durable polypropylene pada lapisan terluar. Kemudian Aero micropore breathable film dan soft durable polypropylene pada lapisan berikutnya.

Dari segi harga, karena lebih rumit dan merupakan produk impor tentu harganya cukup jauh. Menurut Ristyan, untuk sarung tiga lapisan mulai dari Rp528 ribu untuk city car. Sementara untuk yang lima lapisan mulai Rp858 ribu untuk jenis mobil yang sama.

"Semakin besar mobil tentu harganya berbeda. Bahkan untuk Alphard atau Hummer pun juga ada dengan harga Rp1,6 juta dan mentok di Hammer pada Rp1,8 jutaan," katanya.

Sementara untuk segmen konsumen yang paling banyak meminati sarung multilayer ini menurut Ristyan adalah MPV. Hal ini mungkin saja karena segmen mobil ini yang paling banyak beredar di jalan. (tribunjogja.com)

Tags
mobil
Penulis: toa
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved