Jokowi Senyum dan Mengangguk Diajak Keliling Istana Kepresidenan

Presiden terpilih Joko Widodo lebih banyak mengangguk dan tersenyum saat diajak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkeliling kompleks Istana

Jokowi Senyum dan Mengangguk Diajak Keliling Istana Kepresidenan
Kompas.com/Sabrina Asril
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak presiden terpilih Joko Widodo berkeliling istana, Minggu (19/10/2014). Dari semua lokasi di istana, Jokowi memperlihatkan ketertarikan saat menyambangi taman di antara Istana Merdeka dan Istana Negara. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo lebih banyak mengangguk dan tersenyum saat diajak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkeliling kompleks Istana Kepresidenan, Minggu (19/10/2014) sore.

Namun, ekspresi Jokowi berubah saat berjalan kaki bersama SBY menyusuri taman bundar yang terletak di tengah antara Istana Merdeka di bagian utara dan Istana Negara di bagian selatan.

Raut wajah Jokowi terlihat lebih tertarik. Dia lalu menunjuk ke arah pohon-pohon trembesi dan kicauan beraneka ragam burung yang ada di taman itu.

Presiden pun kemudian menjelaskan beberapa tanaman yang ada di kompleks itu. Lantaran asyiknya menikmati suasana taman, Jokowi dan SBY berhenti cukup lama sambil bercakap-cakap ringan.

Dalam acara keliling istana tersebut, Jokowi didampingi antara lain oleh Ketua Tim Transisi Rini Soemarno.

Adapun SBY didampingi beberapa menterinya, seperti Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamana Djoko Suyanto; Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Kapolri Jenderal Sutarman, dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

"Nah, pak Jokowi kalau tidak ada waktu atau susah cari tempat, bisa lari di sini. Lumayan olahraga," ungkap SBY yang kerap jogging pagi di kompleks Istana. Jokowi pun menyambutnya dengan tertawa khasnya yang menggerakkan pundak.

"Di sini juga banyak burung-burung pak," tunjuk SBY ke sebuah pohon yang tiba-tiba dikerumuni banyak burung, yang terbang berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lain.

Pada acara pengenalan kompleks istana kali ini, SBY menunjukkan Jokowi gedung Istana Merdeka yang biasa digunakan untuk menerima tamu-tamu negara, kantor presiden yang biasa digunakan untuk ruang sidang kabinet terbatas dan ruang sidang kabinet paripurna, dan juga Istana Negara yang menjadi tempat untuk pelantikan pejabat negara.

Pada Senin (20/10/2014), Jokowi akan menapakkan kaki untuk pertama kalinya ke istana sebagai Presiden Ketujuh RI. (*)

Tags
Jokowi
Editor: dik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved