Tribun Otomotif

Jamur dan Flek, Jadi Masalah yang Kerap Terjadi pada Kaca Mobil

PENTINGNYA kaca mobil tercermin ketika mobil digunakan. Dalam kondisi normal seringkali masalah bisa tak terlihat.

Jamur dan Flek, Jadi Masalah yang Kerap Terjadi pada Kaca Mobil
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Beberapa karyawan di Bambang Kaca di Jln Dr Sutomo53 Yogyakarta sedang melakukan pemasangan kaca mobil. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho  

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PENTINGNYA kaca mobil tercermin ketika mobil digunakan. Dalam kondisi normal seringkali masalah bisa tak terlihat. Namun ketika berkendara dalam kondisi khusus misalnya di bawah hujan atau malam hari, masalah bisa terlihat.

Untuk itu, ada baiknya mengenali masalah pada kaca mobil, berikut ini beberapa masalah yang mungkin terjadi pada kaca mobil.

Jamur
Jamur termasuk kategori kotoran. Jamur kaca sama dengan bintik air. Bisa terjadi akibat dari kotoran air yang menempel di kaca. Atau, terjadi jika ketika sehabis dicuci atau tersiram air hujan, tidak langsung dikeringkan.

Kata lain, air yang masih menempel di kaca karena tidak kering tadi disusupi kotoran. Kotoran tersebut lama kelamaaan menjadi bintik bintik air atau biasa disebut jamur.

Efek yang timbul sangat menyiksa pengemudi. Khususnya saat hujan di malam hari, kaca disapu wiper, tapi airnya tidak habis disapu. Sisa di sela sela jamur tadi kalau ditembak dengan sinar dari arah berlawanan akan bias atau berpendar. Bias itu yang menyebabkan silau.

Selain jamur air, ada lagi jamur polusi. Jamur ini terjadi akibat polusi udara. Umumnya karena minyak (solar) dari sisa pembakaran kendaraan bermotor. Sangat mengganggu pandangan terutama saat hujan. Ibaratnya orang memakai kaca mata kemudian kacanya berminyak.

M Badar Kurniawan dari GR2000 Autocare di Jalan Magelang Km 6 mengatakan, satu cara yang bisa dipilih untuk mengatasi jamur adalah poles kaca. Proses dilakukan menggunakan sender kaca.

"Prosesnya tidak terlalu lama, cukup 2 3 jam saja. Biaya juga cukup terjangkau, sekitar Rp175 ribu untuk semua kaca mobil. Kalau kaca depan saja cukup sekitar Rp100 ribuan," jelasnya, Kamis (25/9).

Badar mengatakan, masalah jamur seharusnya tidak disepelekan. Sebabnya, apabila tidak segera dibersihkan, maka jamur akan semakin tebal dan semakin mengganggu pandangan.

Halaman
12
Tags
kaca mobil
Penulis: toa
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved