Cak Imin Dianggap Mampu Harmonisasikan PKB dengan Nahdliyin

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), DIY, menyatakan, di Muktamar pada 30 Agustus - 1 September 2014

Cak Imin Dianggap Mampu Harmonisasikan PKB dengan Nahdliyin
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, di kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (10/4/2014). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, M Nur Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan, di Muktamar pada 30 Agustus - 1 September 2014 di Surabaya mendatang, akan mengusung Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk kembali memegang jabatan Ketua Umum.

"Cak Imin mampu mengharmoniskan kembali antara PKB, Pesantren, dan warga Nahdliyin yang sebelumnya sempat tidak harmonis," kata Wakil Ketua DPW PKB DIY, Aslam Ridlo pada Tribunjogja.com, Kamis (28/8/2014).

Aslam menegaskan, dari hasil komunikasi antar kader, simpatisan dan pengurus di tingkat Kabupaten dan serta pengurus DPC PKB se-DIY, sepakat untuk kembali mengusung Cak Imin memegang tongkat kepemimpinan periode 5 tahun ke depan.

Kesepakatan tersebut didasarkan atas penilaian yang dilakukan selama 5 tahun ini dianggap cukup baik, dan mampu mengembalikan suasana harmonis antara PKB, kalangan Santri, dan warga Nahdliyin pada umumnya.

"Cak Imin mampu mengharmonisasikan kembali antara PKB, kalangan Pesantren, dan warga Nadliyin. Karena sebelumnya memang sempat tidak harmonis,” kata Calon Anggota Legislatif terpilih DPRD DIY ini.

Dan yang paling menonjol, di bawah kepemimpinan Cak Imin, mampu meningkatkan perolehan suara PKB dalam Pemilu Legislatif (Pileg) April lalu secara signifikan. Kemudian dalam Pilpres, PKB juga mampu menghantarkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla, meraih kemenangan.

“Pilpres kemarin kan peran PKB sangat besar. Tapi sebenarnya banyak faktor yang menurut kami Cak Imin kembali layak melanjutkan kepemimpinannya,” katanya.

Adapun dalam upaya dukungannya, 6 suara dari DPC dan DPW di DIY secara mantab akan diarahkan ke Cak Imin. Meskipun jumlah tersebut belum signifikan dari total suara secara nasional 562 suara, namun ini adalah bentuk komitmen awal.

Sebanyak 562 suara tersebut berasal dari 32 DPW, 330 DPC, ditambah suara penghargaan dari Jawa Timur sebanyak 120 suara, dan Jawa Tengah 80 suara.

Hal serupa disampaikan Ketua DPW PKB Jawa Tengah, KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf). Pihaknya memiliki kesimpulan yang sama dengan DPW PKB DIY, yakni Cak Imin dinilai mampu memberikan angin segar di gelaran pemilu 2014-2015.

“Di Pileg kemarin juga atas kepemimpinannya kita mampu menduduki lima besar. Dan di Pilpres juga ternyata pilihan dukungannya tidak salah. Jadi kami menganggap cukup bagus,” tegas Pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang ini.(*)

Penulis: had
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved