Tribun Properti

Pilihan AC Semakin Leluasa

Suhu udara di Yogyakarta dan sekitarnya akhir akhir ini semakin panas.Satu solusi yang bisa ditempuh adalah pemasangan AC di rumah

Pilihan AC Semakin Leluasa
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Seorang karyawan UFO Electronics sedang menunjukkan beberapa jenis AC rumahan yang ada di UFO Electronics di jalan Magelang 155 Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Suhu udara di Yogyakarta dan sekitarnya akhir akhir ini semakin panas. Karenanya tak heran warga pun berupaya mencari solusi untuk mendinginkan udara. Satu solusi yang bisa ditempuh adalah pemasangan AC di rumah.

Pada awalnya, AC merupakan barang mewah yang hanya diakses oleh kalangan tertentu. Namun seiring perkembangan zaman, AC kini menjadi barang yang biasa setelah pabrikan merilis produk AC yang murah dan hemat listrik. Karenanya pemakaian AC menjamur mengingat hawa panas yang semakin bertambah panas dari hari ke hari. Hanya saja, meski murah dan hemat listrik, namun tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang AC, misalnya perawatan dan persyaratan ruangan.

Pemilik Fajar Aircond Yogyakarta, Anita Wirawan mengatakan, tren pemakaian AC untuk rumah tangga semakin meningkat. Cuaca panas yang semakin bertambah panas di Yogyakarta membuat AC menjadi satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut.
"Apalagi sekarang AC semakin terjangkau. Untuk rumah tangga, tak perlu lagi mahal mahal pasang AC. Ada AC yang hanya berkapasitas setengah PK, cukup untuk mendinginkan ruang privat pemilik rumah misalnya kamar tidur," jelasnya ketika ditemui Tribun Jogja, Jumat (11/7).

Sebenarnya, apa arti PK pada AC? Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jogja, PK adalah ukuran yang dipakai untuk menyatakan besaran atau kemampuan AC mendinginkan ruangan. PK berasal dari bahasa Belanda yaitu Paard Kracht yang maknanya daya kuda atau biasa dikenal dalam bahasa Inggris Horse Power (HP). Satu PK dalam AC biasa menggunakan kurang lebih 750 watt, atau yang lebih tepatnya sekitar 735,5 watt.

Anita melanjutkan, kebutuhan pendinginan untuk rumah tangga memang tidak terlalu besar. Selain itu, banyak produsen AC yang memberikan berbagai fitur tambahan misalnya dilengkapi plasma, anti nyamuk, hingga pemurni udara (Air purifier). "Yang tidak kalah penting, ada teknologi AC yang mendukung rumah yang hanya memiliki daya 900 VA untuk memasang AC. Karenanya, AC saat ini tidak hanya menjadi barang yang bisa dipasang pemilik rumah besar berdaya listrik besar," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Anita, perawatan AC juga tidak terlalu rumit. Untuk pemakaian standar, AC cukup dibersihkan sekitar setengah tahun sekali. Hal ini dilakukan agar AC dapat berfungsi secara optimal. (toa/dbs)

Penulis: toa
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved