Tribun Properti

Jangan Pasang AC Menghadap Pemakai Ruangan

MEMASANG AC memang perlu memerhatikan beberapa hal, selain agar AC dapat bekerja optimal, juga ada alasan kesehatan

Jangan Pasang AC Menghadap Pemakai Ruangan
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Seorang karyawan UFO Electronics sedang menunjukkan beberapa jenis AC rumahan yang ada di UFO Electronics di jalan Magelang 155 Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - MEMASANG AC memang perlu memerhatikan beberapa hal, selain agar AC dapat bekerja optimal, juga ada alasan kesehatan. Yang tidak kalah penting, pemasangan AC juga perlu diperhatikan agar tidak menganggu estetika rumah.

Untuk outdoor AC (bagian AC yang dipasang di luar ruangan, red), tempatkan di posisi yang tidak terlihat dari fasad bangunan. Hal ini dimaksudkan agar outdoor AC tidak memengaruhi desain rumah.

Selanjutnya untuk indoor, sesuaikan dengan interior dan arah hadapnya. Pada intinya, jangan biarkan semburan atau hembusan dari AC langsung mengenai penghuni. Tempatkan AC sehingga hembusannya setidaknya mengarah ke arah lain.
Sementara untuk penempatan AC di ruang lain, misalnya ruang tamu, prinsipnya tetap sama. Jangan langsung arahkan hembusan AC ke tubuh manusia. Tidak semua orang yang datang bertamu suka AC. Karena itu, AC bisa diatur agar swingnya mengarahkan hembusan ke tempat lain.
Untuk pengaturan ini, tentu menyesuaikan dengan jenis AC. Ada AC yang swingnya menghadap ke atas, ataupun menghadap ke bawah. Atur sebaik mungkin agar tidak mengenai tubuh manusia dalam ruangan. (Adoram Arthanto, Arsitek dari Merapi Arsitagraha)

Penulis: toa
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved