Tribun Properti

AC dengan PK Kecil Semakin Banyak Dicari

SUPERVISOR UFO Electronics Yogyakarta, Anjas Cipta Asmara mengatakan, maraknya pemakaian AC oleh rumah tangga juga menimbulkan tren tertentu

AC dengan PK Kecil Semakin Banyak Dicari
Tribun Jogja/ Rento Ari Nugroho
Seorang karyawan UFO Electronics sedang menunjukkan beberapa jenis AC rumahan yang ada di UFO Electronics di jalan Magelang 155 Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - SUPERVISOR UFO Electronics Yogyakarta, Anjas Cipta Asmara mengatakan, maraknya pemakaian AC oleh rumah tangga juga menimbulkan tren tertentu. Saat ini konsumen cenderung mencari AC yang selain memiliki PK kecil juga membutuhkan daya listrik rendah (Low watt). "Saat ini yang kebanyakan dicari yang berkapasitas kecil, terutama yang setengah PK dan low watt. Kalau setengah PK yang standar umumnya mensyaratkan listrik minimal 390 watt, yang low watt cukup 260 320 watt," jelasnya.

Namun, konsumen yang memakai AC juga tidak terpatok pada yang membutuhkan daya listrik rendah saja. Bagi mereka yang memiliki rumah yang besar, tentu AC yang dibutuhkan juga berbeda. Anjas mengatakan, semakin besar ruangan, semakin besar PK AC yang diperlukan.
"Misalnya untuk ruang tidur, setengah PK saja sudah cukup. Tapi untuk kamar tamu, yang mungkin jauh lebih besar, setengah PK tentu tidak terasa dingin," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Anjas, jenis ruangan juga menentukan kinerja AC. Untuk kamar tidur yang kebanyakan hanya berisi furniture tentu tidak menjadi masalah. Namun AC juga memerlukan pertimbangan ketika dipasang di ruang lain, ruang tamu misalnya.

"Banyaknya jendela, adanya peralatan elektronika penghasil panas, keduanya cukup menentukan kinerja AC. Selain itu, tinggi ruangan juga menentukan," katanya. (toa/dbs)

Penulis: Rento Ari Nugroho
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved