Timnas U23

Selasa Depan, Timnas U-23 Lawan Guinea Khatulistiwa di Maguwo

Tim nasional (timnas) PSSI U-23 dipastikan akan menghadapi timnas Equatorial Guinea (Guinea Khatulistiwa) di Stadion Maguwoharjo Sleman DIY

Selasa Depan, Timnas U-23 Lawan Guinea Khatulistiwa di Maguwo
ANTARA FOTO/PRASETYO UTOMO
Pesepak bola Timnas Indonesia U-23 berfoto sebelum pertandingan melawan Thailand dalam penyisihan grup B SEA Games ke-27 di Youth Training Center Stadium, Thu Wana, Yangon, Myanmar, Kamis (12/12/2013). Indonesia kalah telak dengan skor 4-1.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Puthut Ami Luhur

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tim nasional (timnas) PSSI U-23 dipastikan akan menghadapi timnas Equatorial Guinea (Guinea Khatulistiwa) di Stadion Maguwoharjo Sleman DIY, setelah gagal menghadapi timnas Tanzania. Penanggungjawab panitia pelaksana (panpel) pertandingan di Yogyakarta Dwi Irianto menyatakan, laga ujicoba timnas tidak dibatalkan melainkan diundur karena berbagai persoalan teknis dari tim lawan.

Timnas U-23 sedianya akan menghadapi Tanzania, pada Jumat (20/6) di Stadion Maguwoharjo tapi kemudian diundur karena tim yang diajak uji coba meminta waktu lebih lama untuk beristirahat. Permintaan tersebut tidak bisa disetujui oleh Badan Tim Nasional (BTN) karena tidak sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Menurut Dwi atau yang akrab disapa Mbah Putih, BTN lalu meminta federasi sepak bola Indonesia PSSI mencari tim lawan pengganti. Kabar terakhir yang diperoleh dan sudah dapat dipastikan timnas Guinea Khatulistiwa yang akan mendarat di Indonesia dan menghadapi anak-anak asuhan Aji Santosa.

"Dalam kondisi seperti ini, sulit mendatangkan tim dari luar negeri karena sedang ada perhelatan Piala Dunia. Uji coba resmi internasional, memerlukan persetujuan AFC dan FIFA," kata Mbah Putih kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (20/6).

Kesulitan lainnya adalah ijin keluar dari induk organisasi negara yang diajak berujicoba, tidak mudah keluar karena memerlukan berbagai persyaratan. Pihak BTN awalnya mengajukan pengunduran jadwal, pada Minggu (22/6) dengan tempat yang sama. Tetapi karena Stadion Maguwoharjo dipakai PSS Sleman untuk uji coba pada saat bersamaan maka waktunya diundur sampai Selasa (24/6) di tempat yang sama.

Sebagai gantinya sambung Mbah Putih, pada Minggu (20/6) laga uji coba digelar di Stadion Manahan Solo. Timnas U-23 menurutnya, dari kabar sementara yang diterimanya akan menghadapi timnas Laos.

Menurutnya tim yang dihadapinya berada pada peringkat 102 FIFA sedangkan Indonesia berada pada peringkat 157. Pertandingan kedua tim tersebut, tetap akan berjalan seru karena dalam sepak bola tidak mengenal peringkat. "Kalau pun tim yang dihadapi lebih rendah peringkatnya tetap akan seru, apapun bisa terjadi di sepak bola," tambahnya.

Sekretaris panpel Taufri Hilman menyatakan, pemesanan tiket bisa lewat komunitas suporter yang sudah dibuka sejak ada rencana uji coba beberapa waktu lalu. Pemesanan tiket lewat komunitas sempat dihentikan karena belum ada kepastian waktu uji coba dan tim yang dihadapi tapi kini sudah dibuka kembali.

"Selain lewat suporter, pemesanan bisa melalui online www.kiostix.com," jelas pria yang mengaku mencetak 28 ribu tiket untuk laga uji coba resmi internasional tersebut.

Pihaknya memastikan, laga uji coba kali ini akan menarik disaksikan karena tim yang dihadapi mempunyai kualitas lebih bagus dari timnas U-23. Yang jelas dipastikan tiga pemain hasil naturalisasi, Grwg Nwokolo, Raphael Maitimo dan Victor Igbonefo akan bermain dalam laga uji coba yang dipersiapkan untuk ajang Asian Games 2014. (ptt)

Tags
Timnas
Penulis: ptt
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved