Jogja Kreatif

Taman pintar Siapkan 3 Zona untuk Anak-Anak

Sejumlah hiburan interaktif bakal disuguhkan pihak panitia dan pendukung acara Jogja Kreatif #14, Minggu (15/6) pagi besok

Penulis: Muhammad Fatoni | Editor: tea
Taman pintar Siapkan 3 Zona untuk Anak-Anak
TRIBUNJOGJA/HENDRA KRISDIANTO
Tim Marching Band UGM tampil menghibur pengunjung Jogja Kreatif #3 di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (9/6/2013)

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA  - Sejumlah hiburan interaktif bakal disuguhkan pihak panitia dan pendukung acara Jogja Kreatif #14, Minggu (15/6) pagi besok. Para pengunjung, khususnya anak-anak, akan bisa menikmati dan berinteraksi langsung dengan beberapa jenis hiburan di arena kegiatan, di penggal Jalan Jenderal Sudirman, Kota Yogyakarta.

Taman Pintar Yogyakarta, misalnya, akan menyajikan tiga zona mini di area Jogja Kreatif kali ini. Ketiga zona itu adalah Sains, Teknologi, dan Budaya, yang diyakini bisa menjadi alternatif hiburan tersendiri bagi masyarakat Yogya dan sekitarnya.

Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar Kota Yogyakarta, Drs Yunianto Dwisutono, memaparkan, ketiga zona ini dirancang bersifat interaktif. Satu di antaranya adalah zona Budaya yang akan mengajak dan memperkenalkan para pengunjung, terutama anak-anak, tentang seni pembuatan gerabah.

"Nantinya anak-anak dan pengunjung bisa melihat bahkan mencoba langsung membuat gerabah di zona ini, sudah kami siapkan alat dan keperluannya," tutur dia, Jumat (13/6).

Untuk zona ini, pihak Taman Pintar menyiapkan sekitar 200 bahan baku berupa tanah liat untuk membuat gerabah. Semuanya ditawarkan gratis kepada pengunjung Jogja Kreatif. Tidak hanya itu, para pengunjung pun bisa mencoba melukis motif di sebuah gerabah. Untuk hal ini pun Taman Pintar telah menyiapkan sekitar 50 gerabah untuk diukir atau dilukis oleh anak-anak.

Selain Zona Budaya, masyarakat juga bisa berinteraksi langsung di Zona Sains dan Zona Teknologi. Sejumlah atraksi dan demonstrasi, mulai dari Robotika, hingga penggunaan teropong dan alat sains lain, bisa digunakan oleh pengunjung.

"Ada beragam alat dan demonstrasi yang bisa dinikmati atau dicoba langsung di zona-zona yang kami siapkan itu, jadi bisa sekalian sebagai wahana edukasi," imbuh Yunianto.

Selain dari Taman Pintar, wahana hiburan juga akan ditampilkan Kids Fun Yogyakarta. Tempat rekreasi keluarga yang beralamat di Jalan Wonosari, Piyungan, ini akan mengajak anak-anak berinteraksi dengan para badut lucu serta dua maskot Kids Fun, Lilo dan Loli.

"Lilo dan Loli akan berkeliling arena Jogja Kreatif dan mengajak anak-anak berinteraksi, mereka juga akan membagikan beberapa doorprize dari Kids Fun," terang Asisten Manajer Marketing Kids Fun, Wahid Budi Kurniawan, yang diwawancara secara terpisah.

Ia menambahkan, anak-anak nanti bisa bersalaman atau berfoto bersama dengan badut dan dua maskot Kids Fun. Pengunjung pun juga akan dihibur dengan beberapa atraksi sulap yang telah disiapkan pihak Kids Fun. "Konsepnya memang interaktif, termasuk untuk hiburan sulap yang kami lakukan kepada para pengunjung," katanya.

Sedangkan menurut Panitia Jogja Kreatif #14, Arso P Nugroho, kali ini gelaran tersebut mengangkat tema Kids Play. Sesuai dengan temanya, beragam hiburan yang akan ditonjolkan dalam Jogja Kreatif kali ini adalah menyasar kalangan anak-anak, meski juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum dan keluarga. (ton)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved