Lipsus Penyakit Degeneratif di Yogya

Ini Orang-orang yang Berisiko Terkena DM

Pertama faktor keturunan memiliki risiko sampai 80 persen

Ini Orang-orang yang Berisiko Terkena DM
NET
Obesitas 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Hendy Kurniawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lalu siapa yang berisiko terkena Diabetes Mellitus (DM)? Internist Endokrinologi RSUP dr Sardjito, dr Bowo Pramono SpPD KEMD menerangkan ada delapan kategori kelompok berisiko. Pertama faktor keturunan memiliki risiko sampai 80 persen.

Kedua karena obesitas. Berturut-turut karena hipertensi, kolesterol tak normal, jarang olah raga, pola makan/hidup tak sehat, konsumsi obat-obat tertentu dan faktor umur di atas 45 tahun.

Lebih jauh dijelaskan, orang dengan obesitas harus memiliki kewaspadaan diri. Sebab, kerja pankreas pada orang bertubuh gemuk menjadi lebih keras. Akibatnya organ penghasil insulin ini cepat lelah.

Berat tubuh ideal menjadi cara sederhana untuk mencegah DM. Cara menghitungnya, lanjut Bowo, adalah tinggi badan dikurangi 100. Bagi pria dengan tinggi badan minimal 160 cm dan wanita 150 cm, maka hasil pengurangan tersebut dikurangi lagi 10 persen agar sampai ke berat tubuh ideal.

Memang cara tersebut tidak menjamin terbebas dari DM. Tapi sebagai parameter memiliki tubuh sehat dengan mengurangi kolesterol merupakan langkah awal pencegahan. "Makanlah sesuai kebutuhan kalori tubuh," pesan Bowo.

Disarankannya, orang dengan risiko DM agar memeriksa gula darah minimal tiga bulan sekali. Sementara orang risiko DM rendah juga tetap harus periksa satu tahun sekali. Jika kadar gula darah puasa melebihi 126 mg/dl dan dalam dua jam setelah makan mencapai 200 mg/dl maka orang tersebut menderita diabetes.

Sedangkan kadar gula normal berada di kisaran 80-110 mg/dl. "DM itu silent killer (pembunuh senyap), waspadalah dengan penyakit ini. Jaga pola makan dan gaya hidup tetap sehat," tukas Bowo. (Tribunjogja.com)

Penulis: hdy
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved