Pemilu

KPUD Kulonprogo Kucurkan Honor Milyaran Rupiah Untuk KPPS

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kulonprogo mengucurkan honor bagi anggota dan ketua kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Rabu (2/4)

KPUD Kulonprogo Kucurkan Honor Milyaran Rupiah Untuk KPPS
Istimewa
Ilustrasi Pemilu 

Laporan Reporter Tribun Jogja, SInggih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kulonprogo mengucurkan honor bagi anggota dan ketua kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Rabu (2/4/2014). Nilai total dana yang dikucurkan KPUD mencapai Rp 3,6 milyar untuk 6.909 anggota dan ketua KPPS se-Kulonprogo.

Sekretaris KPUD Kulonprogo, Widi Purnama mengatakan, penyerahan honor tersebut dilakukan melalui sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Total honor yang dikucurkan bagi seluruh anggota dan ketua KPPS dari 987 Tempat Pemungutan Suara (TPS di Kulonprogo itu sebesar Rp 2.467.500.000.

Selain itu juga ada dana operasional bagi masing-masing KPPS dengan total keseluruhan sekitar Rp 733.760.000. Widi menyebut, total dana yang diserahkan pada hari itu mencapai Rp 3,6 milyar. “Selain honor dan dana operasional KPPS sekaligus juga diserahkan dana rekap PPS, dana rekap PPK, honor PPK dan PPS bulan Maret, operasional PPK, serta operasional PPS,” ujarnya di sela penyerahan honor di Gedung Kaca.

Dijelaskannya, honor bagi KPPS dalam menjalankan tugas pada H-1 dan hari H sebesar Rp 400 ribu untuk ketua dan Rp 350 ribu untuk anggota. Honor bagi PPK dan PPS diberikan bulanan, untuk ketua sebesar Rp 1.250.000, anggota Rp 1 juta, sekretaris Rp 800 ribu, dan staf Rp 500 ribu. Sedangkan honor bagi PPS untuk ketua Rp 500 ribu, anggota Rp 450 ribu, sekretaris Rp 400 ribu, dan staf Rp 350 ribu.

“Terkait dana operasional KPPS seperti untuk pembuatan TPS, sewa, belanja, dan uang makan sudah ada standarnya,” imbuhnya. 

Skandal Kuliner Terkait :
Bakpia Tidak Asli Merajalela di 7 Titik Penting Yogya

Penulis: ing
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved