Telkomsel: BBM Lumpuh karena Server RIM Terganggu

Gangguan pesan instan BlackBerry, BlackBerry Messenger (BBM) dipastikan bukan dari operator

Telkomsel: BBM Lumpuh karena Server RIM Terganggu
Aditya Panji/KompasTekno
BlackBerry Messenger mengalami gangguan pada Minggu malam (12/5/2013).

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Gangguan pesan instan BlackBerry, BlackBerry Messenger (BBM) dipastikan bukan dari operator tapi berasal dari Research In Motion (RIM).

"Kami sudah dapat info, gangguan layanan BBM sejak semalam berasal dari server RIM dan bukan dari Telkomsel atau operator," kata Aldin Hasyim, Manager Media Relation Telkomsel, Rabu (5/3/2014).

Menurut Aldin, memang banyak anggapan di media sosial bahwa gangguan BBM berasal dari operator. "Tapi, kami bisa maklum karena pelanggan Telkomsel yang mengaktifkan BlackBerry Messenger memang cukup banyak."

Aldin juga mengaku mendapatkan pesan singkat yang sama persis yang dikirimkan ke Tribun soal permintaan maaf dari RIM Indonesia terkait gangguan layanan BBM tersebut. "Tapi memang tidak disebut apa alasan gangguan tersebut." katanya.

Yolanda Nainggolan, Public Relations Manager Research In Motion (RIM) Indonesia, mengatakan BlackBerry memberikan konfirmasi bahwa gangguan layanan yang dialami oleh beberapa pengguna di Kanada dan Asia Pacific telah kembali normal.

"Kami mohon maaf untuk para pengguna kami yang mengalami gangguan ini dan kami ucapkan terima kasih untuk pengertiannya," katanya melalui pesan singkat.

Namun, Yolanda enggan menyebutkan permasalahan yang terjadi sehingga mengakibatkan gangguan pada layanan BBM sejak semalam.

Berdasarkan penelusuran Tribun, gangguan tidak terjadi untuk semua perangkat Blackberry karena untuk yang menggunakan operating System (OS) 10, seperti BlackBerry Z10, Z5 dan Q10, tetap bisa menggunakan layanan BBM.

Sebelumnya, Doni Darwin, founder IndoTelko Forum, mengatakan saat ini dia menggunakan layanan BBM lewat tiga provider yaitu Telkomsel, XL, dan Axis. Namun, sekitar pukul 21.00 semalam, layanan BBM di tiga provider tersebut tidak bisa digunakan.

"Ketika saya ubah layanan BIS (BlackBerry Internet Service) menjadi data biasa, BBM bisa digunakan," katanya.

Halaman
12
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved