Agenda

Pameran Foto dan Peluncuran Buku IPPHOS

Pameran Foto dan Peluncuran Buku: IPPHOS (Indonesian Press Photo Service): Remastered Edition" karya Yudhi Soerjoatmodjo.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Riezky Andhika Pradana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) dan Divisi Mandiri Pemberitaan Foto Antara bekerja sama dengan Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) mempersembahkan "Pameran Foto dan Peluncuran Buku: IPPHOS (Indonesian Press Photo Service): Remastered Edition" karya Yudhi Soerjoatmodjo.

Pembukaan pameran ini digelar pada Sabtu, (1/3/2014) Pukul 19.30 WIB di Bentara Budaya Yogyakarta, Jln. Suroto No. 2, Kotabaru, Yogyakarta. Pameran yang berlangsung hingga 8 Maret ini dibuka oleh GBPH Prabukusumo dan dihibur oleh musik Rockabilly dari Kiki & The Klan.

Selain pamaren, pada Jumat, 7 Maret pukul 16.00 WIB mendatang juga digelar temu wicara di IVAA Jln. Ireda Gang Hiperkes MG I-188 A/B Kampung Dipowinatan, Keparakan, Yogyakarta. IPPHOS (Indonesian Press Photo Service) adalah Kantor berita foto independen pertama di Indonesia. Kantor berita ini didirikan oleh Alex Impurung (1907-1984) dan Frans Soemarto (1913-1971), duo dari Mendur Bersaudara pada 2 Oktober 1946.
Hanya mereka berdua, pewarta foto Indonesia yang tercatat hadir serta mengabadikan peristiwa bersejarah saat Bung Karno, Bung Hatta dan segenap hadirin membacakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Pegangsaan Timur 56 pada 17 Agustus 1945.

Menurut Oscar Motuloh pada pengantar kuratorialnya tak hanya reportase foto politik dan kenegaraan, liputan foto IPPHOS juga merambah ke arena olahraga, keseharian, feature, potret, sosial, seni dan budaya. Mereka membangun cerita dalam rangkaian reportase foto yang mereka anggap penting bagi citra pemberitaan di awal berdirinya Republik Indonesia.

Sedangkan buku IPPHOS: Indonesian Press Photo Service ini disusun dan ditulis oleh Yudhi Soerjoatmodjo, mantan wartawan dan editor foto majalah Tempo. Yudhi kemudian menjadi kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara (Januari 1994 - Desember 1999). Menurut Oscar, Yudhi adalah inspirator yang berhasil memberi landasan sekaligus menggelindingkan seluruh program GFJA setelah mulai beroperasi pada Desember 1992. Pada 1995-1997 Yudhi membentuk tim GFJA untuk melakukan riset di arsip koleksi IPPHOS, menyusul keinginan pengurus kantor berita foto tersebut yang berniat mengalihkan koleksi foto-foto IPPHOS untuk dikelola Kantor Berita Antara.
Pada pameran ini akan dipamerkan foto-foto terpilih karya Mendur Bersaudara. (*)

Penulis: rap
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved