Aksi Mogok Dokter

Huuuu, Dokter Meneriaki Pesan Menkes

"Tidak benar jika dokter menghentikan pelayanan. Semua pasien harus dilayani, meskipun tidak emergency,"

Huuuu, Dokter Meneriaki Pesan Menkes
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Ratusan dokter dan mahasiswa Kedokteran se-Makassar yang tergabung dalam Forum Aksi Solidaritas Dokter Makassar Menggugat (FASDMM) melakukan aksi solidaritas menolak kriminalisasi dokter di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa (26/11/2013). Mereka menolak tindakan kriminalisasi terhadap dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG, dr Hendry Simanjuntak SpOG, dan dr Hendy Siagian SpOG atas tindakan medis yang mereka lakukan terhadap pasien yang menyebabkan kematian pada April 2010 lalu di Manado.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Aksi unjuk rasa puluhan dokter di RSUP dr Sardjito dan beberapa rumah sakit lain di Yogyakarta mendapat tanggapan dari Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Sardjito, dr Sutanto Maduseno SpPD.

Kepada para dokter di depan lobi Instalasi Rawat Jalan RSUP dr Sardjito, ia menyampaikan pesan dari Kementrian Kesehatan yang mengapresiasi aksi keprihatinan, namun tidak membenarkan sampai menghentikan pelayanan.

"Tidak benar jika dokter menghentikan pelayanan. Semua pasien harus dilayani, meskipun tidak emergency," katanya, Rabu (27/11/2013) pagi, disambut sorak "huuu" dari para dokter yang melakukan aksi.

Menurut Sutanto aksi keprihatinan tersebut sudah sampai skala nasional, sehingga para dokter tidak perlu sampai melakukan pemogokan agar aksinya didengar.

Aksi keprihatinan para dokter terhadap kasus yang menimpa dr Ayu dkk tersebut dilangsungkan di depan lobi Instalasi Rawat Jalan RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

Para dokter tersebut beberapa kali meneriakkan yel "Hidup dokter Indonesia!". Mereka juga membagikan salinan surat edaran dari Kementrian Kesehatan.

Aksi berakhir sekitar pukul 9.00. Para dokter berangsur-angsur meninggalkan lokasi aksi. (*)

Penulis: nbi
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved