Guns N' Roses Pun Ada di Yogyakarta

Karena kegilaannya pada Guns N’ Roses, sekelompok musisi di Yogyakarta membuat ‘Tribute Band’ yang khusus memainkan lagu-lagu band AS

APA yang dibayangkan ketika kita mendengar nama Guns N’ Roses? Para penggila musik rock sudah tentu langsung mengingat sosok gahar band yang sempat merajai hingar bingarnya ranah musik rock ini. Belum lagi, lagu-lagu mereka seperti, ‘You Could Be Mine’, ‘Don’t Cry’, ‘Sweet Child Of Mine’ memang tak pernah menjadi tua, dan selalu lekang tak termakan usia.

Karena kegilaannya pada Guns N’ Roses, sekelompok musisi di Yogyakarta membuat ‘Tribute Band’ yang khusus memainkan lagu-lagu band asal Amerika Serikat ini. Tidak hanya wilayah audio yang mereka kulik dengan baik, namun visual di atas panggung juga ditiru oleh band bernama NYK Guns ini.  


NYK Guns awalnya dibentuk untuk mengisi event ‘Rockagila’, sebuah pentas tribute band-band lawas. "Right band in the right place", pada acara yang digagas Nuza ‘Zues’ dan radio pamityang2an ini NYK Guns dapat sambutan luar biasa dari audiens yang notabene penikmat musik rock lawas. Karenanya mereka sepakat memutuskan untuk melanjutkan NYK Guns sebagai wadah bersenang-senang dan mengekspresikan kecintaan terhadap Guns N' Roses.

Awalnya formasi NYK Guns adalah, Agib (bass), Tomo (gitar), Fendy (gitar), Bagus (drum), Igun (vokal), dan dibantu Donny "1050" di keyboard. Karena kesibukan pada pekerjaan, Igun mengundurkan diri ketika mereka akan tampil di kampus Pasca Sarjana ISI. Tomo dan kawan-kawan kemudian mengajak Arief ‘The Super Mario’ untuk sementara mengisi posisi vokal yang kosong. 

Atas rekomendasi Helmy (Everlong) mereka bertemu dengan Yayat, vokalis yang mampu menjangkau nada-nada tinggi khas Axl Rose. NYK Guns kemudian juga mengandeng Hatta, pemain keyboard yang sehari-harinya berprofesi sebagai DJ. Kini formasi NYK Guns adalah: Yat Rose (Vokal), TomSlash (Gitar), Fendy Stradlin (Gitar), Gib McKagan (Bass), Hatta Reed (Keyboard), Gus Sorum (Drum) 


Tomo mengaku tidak ada ide yang benar-benar besar dibalik NYK Guns, kecuali bersenang-senang dan bernostalgia. “Kami berharap bisa mengobati kerinduan atmosfer musik rock awal  90-an lewat lagu-lagu Gn'R, bagi mereka yang pernah mengalami era 90an, sangatlah mustahil untuk tidak tau Gn'R,” pungkasnya.

Hingga kini, NYK Guns tidak ada rencana untuk membuat karyanya sendiri. Mereka masing-masing memang sudah punya tempat untuk berekspresi dengan karya sendiri. Yayat adalah vokalis band Sukarta, Agib dan Bagus personil dari Alterego, Fendy adalah Gitaris Fighters, Hatta adalah DJ independen dan komposer musik elektronik, sedangkan Tomo adalah gitaris Everlong. (Riezky Andhika Pradana)
Penulis: rap
Editor: evn
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved