Breaking News:

Konflik PT SCE

Polisi Tindak Lanjuti Laporan Buruh PT. SCE

Polres Klaten berkomitmen akan menindaklanjuti dugaan kasus pemberangusan serikat yang dilakukan PT. SC Enterprise (SCE).

Polisi Tindak Lanjuti Laporan Buruh PT. SCE
foto : Internet
Ilustrasi
Laporan Reporter Tribun Jogja, Obed Doni Ardiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Polres Klaten berkomitmen akan menindaklanjuti dugaan kasus pemberangusan serikat yang dilakukan PT. SC Enterprise (SCE). Dugaan kasus tersebut dilaporan para buruh PT. SCE pada Senin (30/7/2012) lalu. Untuk memulai prosesnya, pihak kepolisian mendasari penyelidikan dengan Pasal 28 Undang-undang 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/ Serikat Buruh.

“Menghalang-halangi untuk bersikat diatur dalam UU itu. Bebagai cara untuk memberangus serikat disebutkan dalam pasl itu, seperti PHK, mutasi, tidak membayar atau mengurangi upah, kampanye anti pembentukan serikat, dan bahkan intimidasi dalam bentuk apapun,” jelas Kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Rudi Hartono, di Klaten, Jumat (3/8/2012).

Dia mengatakan meminta keterangan para buruh PT. SCE yang melapor, bahkan akan mendata keterangan dari para buruh yang telah di pecat dari PT. SCE. “Dari laporan empat buruh tentu saja dapat dikembangkan, terlebih yang menyangkut mututasi dan PHK,” tegas AKP Rudi, saat di kantornya.

Setelah keterangan dari pelapor, saksi, sembari mengumpulkan barang bukti, pihak kepolisian juga akan meminta keterangan dari pihak terlapor yaitu manajemen PT. SCE. Mereka juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten terkait dugaan tersebut. “Tentu saja dibutuhkan bukti-bukti yang cukup,” tambahnya. (*)

Penulis: oda
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved