Otomotif

Jupiter Z1 Tangguh di Segala Medan

Yamaha kembali mengeluarkan varian terbarunya All New Jupiter Z1 untuk bersaing di kelas bebek berteknologi injeksi.

Jupiter Z1 Tangguh di Segala Medan
Foto : Victor Mahrizal
Jupiter Z1
Laporan Reporter Tribun Jogja, Hary Susmayanti

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Produsen sepeda motor asal Jepang,  Yamaha kembali mengeluarkan varian terbarunya All New Jupiter Z1 untuk bersaing di kelas bebek berteknologi injeksi. Motor terbaru dari Yamaha ini merupakan generasi terbaru dari Yamaha Jupiter sebelumnya.

Motor bebek berteknologi Fuel Injection pertama dari Yamaha ini tetap berkarakter cepat dengan mengadopsi sistem motor F1. Untuk membuktikan performa motor baru dari Yamaha ini, produsen motor berlambang Garputala ini memberikan kesempatan kepada awak media untuk mencobanya.

Tribun Jogja yang mendapatkan kesempatan mencoba  All New Jupiter Z1 merasakan kenyamanan yang berbeda dibandingkan dengan motor pabrikan lain. All Jupiter Z1 memberikan kenyamanan yang luar biasa baik saat dikendarai di jalur datar maupun menanjak. Akselerasi mesinnya sangat sempurna untuk semua medan.

Performa mesin yang  mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston, YZ Crankshaft Technology  memang memberikan tenaga yang lebih  dibandingkan dengan pendahulunya. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin 4 langkah 2 valve SOHC dengan pendingin udara berkapasitas 113,7 cc ini cukup besar dan sanggup melibas medan berat seperti yang ada di Pegunungan Menoreh.Tanjakan-tanjakan yang cukup tinggi cukup mudah dilalui tanpa kendala sedikit pun.

Saat dicoba di jalur landai, Jupiter Z1 ini sangat nyaman dikendarai. Sepeda motor ini sangat stabil untuk melaju di kecepatan rendah maupun tinggi.

Di sisi pengereman, kombinasi rem disk brake dan tromol cukup mumpuni untuk menaklukkan medan berat. Rem motornya cukup pakem sehingga aman saat digunakan untuk berhenti mendadak.  Sistem pengereman yang mumpuni ini disempurnakan dengan shock breaker yang pas untuk meredam getaran saat digunakan untuk melahap medan berat dan terjal.

Sementara dari sisi bahan bakar, Yamaha All New Jupiter Z1 ini cukup irit. Teknologi Fuel Injektionnya membuat pembakaran bahan bakarnya lebih sempurna sehingga irit tanpa mempengaruhi performa mesin. Walaupun lebih irit,  karakter Jupiter yang terkenal dengan kecepatannya tetap dipertahankan sesuai dengan slogannya 20 persen lebih cepat.

Tampilan body All New Jupiter Z1 ini pun cukup menarik. Cover body lebih sporty dengan kombinasi striping dan warnanya pas. Tampilannya benar-benar menambah kesan yang lebih canggih dan modern sehingga sangat cocok digunakan oleh semua kalangan. (*)

Penulis: has
Editor: tea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved