Breaking News:

Moto GP

Jorge Lorenzo Berpotensi Cetak Hat-trick di Jerez

jorge Lorenzo mengalahkan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, dalam kualifikasi GP Spanyol

Jorge Lorenzo Berpotensi Cetak Hat-trick di Jerez
net
Jorge Lorenzo
TRIBUNJOGJA.COM, JEREZ  - Jorge Lorenzo mengalahkan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, dalam kualifikasi GP Spanyol, Sabtu (28/4/12). Menjelang akhir sesi, pebalap Yamaha ini mencatat waktu terbaik 1 menit 39,532 detik, sehingga dia berhak menempati pole position untuk balapan yang berlangsung Minggu (29/4/12).

Ini menjadi pole kedua Lorenzo di awal musim 2012, yang merupakan era perdana MotoGP mesin 1.000 cc. Sebelumnya, pebalap Spanyol ini pun menempati posisi serupa pada seri pembuka di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 April lalu.

Dengan demikian, Lorenzo mematahkan dominasi Pedrosa, yang tercepat pada latihan bebas kedua dan ketiga. Juara dunia 2010 ini pun berpeluang menyamai prestasi Valentino Rossi, jika pada balapan besok dia menjadi pemenang, yaitu memenangi dua seri pembuka kelas premier.

Sejauh ini, baru Rossi yang mengukir sejarah meraih dua kemenangan beruntun kelas premier, yang dilakukan pada awal musim pada tahun 2001 ketika masih bergabung dengan tim Honda. Selama 10 tahun sudah rekor itu bertahan, dan tak ada satu pun pebalap yang mampu menyamainya, termasuk Rossi sendiri, juga Casey Stoner, yang selalu memenangi empat seri pembuka dalam lima musim terakhir.

Selain menyamai Rossi, Lorenzo juga punya potensi untuk mencetak hat-trick di Jerez. Dalam dua musim terakhir, mantan juara dunia dua kali kelas 250 cc ini menjadi yang terbaik di Jerez.

Ducati juga menunjukkan tanda-tanda bakal kompetitif. Buktinya, rekan setim Rossi, Nicky Hayden, berada di urutan ketiga, meskipun terpaut 1,031 detik dari Lorenzo. Akan tetapi, apa yang diperlihatkan juara dunia 2006 ini memberikan indikasi bahwa mereka tak boleh disepelekan lagi seperti pada balapan malam di Qatar.

Pebalap satelit Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow, juga tampil cukup impresif. Jagoan asal Inggris ini berada di urutan keempat, dan mampu mengalahkan rekan setim Pedrosa, Stoner, yang harus puas di urutan kelima.

Sementara itu rekan setim Lorenzo, Ben Spies, belum menunjukkan performa yang menjanjikan sehingga dia hanya mampu berada di posisi keenam. Spies satu strip di atas Andrea Dovizioso (Yamaha Tech 3). Posisi kedelapan hingga 10 secara berturut-turut ditempati Alvaro Bautista (Gresini Honda), Stefan Bradl (LCR Honda), dan Randy de Puniet (Power Electronics Aspar). (*)

Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved