Sabtu, 18 April 2015

Rumah Oranye Gaya Etnik Mediterania yang Menawan

Minggu, 6 Januari 2013 13:14

Rumah Oranye Gaya Etnik Mediterania yang Menawan
TRIBUNJOGJA.COM/THERESIA T ANDAYANI
Ena dan keluarga

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rasanya mata tak pernah lelah memandangi secara keseluruhan bangunan kediaman keluarga Mohammad Baabud dan Zainah Vadaq. Rumah yang terletak di jalan Pandega Marta Raya No 49, Sleman, ini hampir keseluruhannya terbungkus dengan warna oranye. Maklum saja, pemilik rumah ini Zainah atau yang akrab disapa Ena memang maniak dengan warna tersebut. Menurut Ena, banyak orang yang lewat di depan rumahnya mengatakan kalau rumah Ena dikenal dengan Rumah Barbie. Mungkin karena yang pemiliknya cantik seperti boneka Barbie.

Dari sisi arsitektur bangunan ini memiliki ciri khas desain yakni etnik mediterania.
Style mediterania tampak dari desain bangunan atap, fasad bangunan hingga eksterior bangunan. Rumah berdesain Mediterania kaya akan bentuk dan tekstur. Di sini, Ena menempatkan warna oranye sebagai warna dasar dinding, pemakaian warna dan elemen dekoratif yang digunakan di setiap bangunan rumah menjadi ciri khas gaya tersebut. Desain ini banyak bermain di tata letak bangunan di setiap sudut sehingga terkesan atraktif.

Ciri khas desain bangunan mediterania, pada bagian jendela atau pintu masuk utama umumnya diberi tampilan dekoratif berupa lengkungan atau portico. Di sini, Ena memadukan dua unsur yakni etnik dan mediterania. Sehingga jendela dan pintu memang sengaja yang dipakai adalah dari material kayu lawasan yang di finishing menjadi seperti baru lagi.

"Untuk jendela dan pintu saya suami berburu barang kuno ke berbagai desa. Kalau dapat barang kuno diproses untuk diperbaiki dan dipelistur kembali," ucap Ena saat berbincang dengan Tribun Jogja, beberapa waktu lalu.

Penerapan prinsip gaya mediterania pada desain rumah ini juga dapat dilihat dari adanya deretan kolom dan balok melengkung. Atau terdapat deretan jendela lebar dan pintu berdaun ganda yang dapat memaksimalkan pemandangan ke arah luas. Sirkulasi udara segar pun dapat masuk ke dalam rumah.

Masuk ke dalam ruang tamu terdapat nuansa yang lebih segar. Dinding dengan backgorund hijau daun dipadukan dengan warna kuning-lemon. Disini Ena menempatkan satu buah pigura besar yang mendisplay foto keluarga. Satu set sofa dengan motif bunga dengan warna dasar oranye yang diletakkan sesuai dengan ukuran ruangan. Sebuah sofa panjang diapit cantik dengan interior lampu hias tampak elegan dan menawan.

"Tiang lampunya ini dari bekas tempat tidur kuno yang sudah tidak terpakai, ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk lampu," ucap Ena.

Halaman12
Penulis: tea
Editor: wid
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas