Bisnis

Perusahaan Rintisan Masih Terkendala Inovasi

Tumbuhnya perusahaan rintisan atau yang kerap dikenal dengan startup ternyata masih terkendala dengan minimnya inovasi dan pengembangan penggunaan tek

Perusahaan Rintisan Masih Terkendala Inovasi
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Kegiatan pelatihan dan peluncuran buku oleh PPTI, Jumat (17/5/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tumbuhnya perusahaan rintisan atau yang kerap dikenal dengan startup ternyata masih terkendala dengan minimnya inovasi dan pengembangan penggunaan teknologi.

Yogyakarta yang berpredikat kota pelajar disinyalir menyimpan potensi yang cukup baik untuk mengembangkan perusahaan rintisan untuk berkembang.

Manajer Inkubator Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI), Widodo Jadi menyebut, fenomena yang terjadi mayoritas wirausahawan usaha rintisan hanya mengikuti tren usaha yang kini sedang marak di masyarakat.

Pengusaha Ini Rintis Usaha dalam Keadaan Sakit, Begini Sekarang Kondisi Usahanya

Mereka cenderung belum berani untuk berinovasi dan melahirkan ide-ide baru untuk memperluas penggunaan teknologi dan diaplikasikan ke dalam dunia usaha, terutama yang berbentuk tradisional.

"Mindset masyarakat biasanya yang kadang membentuk. Sangat jarang kita lihat wirausahawan yang mau melibatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya," kata Widodo dalam pelatihan inkubator PPTI, Jumat (17/5/2019).

Beasiswa Penuh S1 di Enam Universitas BUMN Dibuka, Ayo Segera Daftar!

Widodo mengatakan, meskipun perkembangan startup di Yogyakarta tidak kalah jauh dengan daerah lain, namun wirausahawan masih banyak yang berkutat pada bidang usaha makanan ataupun souvenir.

Dijelaskannya, pemanfaatan teknologi dan inovasi baru juga akan memungkinkan startup untuk berkembang dan bertransformasi menjadi scale up hingga established.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran buku berjudul From Research to Technopreneur oleh Kepala Inkubator PPTI, Nova Suparmanto.

Telkomsel Bentuk TMI Dukung Aktivitas Investasi dan Kemitraan Strategis dengan Startup

Nova menjelaskan, buku tersebut merupakan hasil penelitian dan juga kumpulan tulisan dari bebagai praktisi maupun peneliti yang bisa dimanfaatkan sebagai panduan dalam mengembangkan usaha rintisan.

Buku tersebut banyak mengulas bagaimana membangun usaha rintisan berbasis inovasi dan teknologi dengan berbagai macam tips, mulai dari penyusunan proposal, mencari dukungan dana, pemasaran, dan sebagainya.

"Ada tiga bab dalam buku ini yang akan mengulas berbagai permasalahan hingga cara dalam mengembangkan usaha rintisan. Kami harap karya ini setidaknya bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi yang ingin memulai," kata Nova. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved