Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta Luncurkan Program Educational Tour Package and Table Manner

Acara peluncuran program ini ditandai dengan rangkaian acara pelatihan Table Manner yang diikuti oleh pelajar kelas 10 SMK Pembangunan Karangmojo

Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta Luncurkan Program Educational Tour Package and Table Manner
Dok
Table Manner yang dipandu oleh Abdul Rozaq Trenggono 

TRIBUNJOGJA.COM - Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta secara resmi meluncurkan program Educational Tour Package and Table Manner pada Sabtu (4/5/2019). Acara peluncuran program perdana ini ditandai dengan rangkaian acara pelatihan Table Manner yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 SMK Pembangunan Karangmojo Wonosari.

Foto bersama Siswa, Guru, Kepala Sekolah SMK Pembangunan Karangmojo Wonosari dan Tim dari Hotel Horison Urip Sumoharjo
Foto bersama Siswa, Guru, Kepala Sekolah SMK Pembangunan Karangmojo Wonosari dan Tim dari Hotel Horison Urip Sumoharjo (Dok)

Acara yang dipandu oleh MC Untung Isjunaryo selaku Sales Coordinator ini, dibuka dengan sambutan dari Irene Indri Dewi Astuti, SP.CHA selaku General Manager Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta, kemudian acara dilanjutkan dengan pembekalan Public Speaking oleh Porwanty Astuty, S.E sebagai pembicara.

Porwanty Astuty, S.E - Operational Director and Founder Royal Seasons (Kiri) dan Irene Indri Dewi Astuti – General Manager Hotel Horison Urip umoharjo Yogyakarta (Kanan)
Porwanty Astuty, S.E - Operational Director and Founder Royal Seasons (Kiri) dan Irene Indri Dewi Astuti – General Manager Hotel Horison Urip umoharjo Yogyakarta (Kanan) (Dok)

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dari kedua belah pihak, Hotel Tour, Bartending Demo, Making Bed, dan Live Cooking oleh Chef Ari Kurniawan dari Hotel Horison Urip Sumoharjo Yogyakarta.

Salah satu siswi praktek membuat mocktail
Salah satu siswi praktek membuat mocktail (Dok)

Adapun acara table manner dipandu oleh Abdul Rozaq Trenggono selaku Food and Beverages Manager Hotel Horison Urip Sumoharjo dengan diawali penjelasan dan pengenalan mengenai jenis-jenis peralatan makan dan penggunaannya. Serta tata cara dan etika makan dan minum secara international.

Table Manner yang dipandu oleh Abdul Rozaq Trenggono
Table Manner yang dipandu oleh Abdul Rozaq Trenggono (Dok)

Setelah istirahat sejenak, acara table manner dilanjutkan dengan penjelasan per materi. Lalu disajikan makanan mulai dari makanan pembuka (Appetizer), Soup, makanan utama (Main Course), Makanan penutup (Dessert) kemudian Beverage.

Rangkaian acara Table Manner tersebut dilakukan oleh seluruh peserta didik tak terkecuali para guru dari SMK Pembangunan Karangmojo Wonosari yang langsung ikut mempraktikkan dengan didampingi beberapa trainer dari pihak hotel.

Penyerahan sertifikat dan plakat
Penyerahan sertifikat dan plakat (Dok)

Setelah kegiatan tersebut berakhir dilakukan penyerahan sertifikat dan plakat sebagai ucapan terima kasih atas kerjasama dalam Launching Educational Program yang secara simbolis yang diberikan kepada kepala sekolah dan siswa peserta Table Manner kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara trainer, siswa , guru dan kepala sekolah.

Penyerahan sertifikat dan plakat
Penyerahan sertifikat dan plakat (Dok)

Pada keesokan harinya, Hotel Horison Urip Sumoharjo bersama dengan SMK Pembangunan Karangmojo Wonosari mengadakan kunjungan ke Museum and Factory Chocolate Monggo. Di Museum ini peserta diajak untuk mengenali sejarah cokelat dan perkembangannya dari jaman dulu sampai saat ini.

Foto bersama di depan Museum Cokelat Monggo
Foto bersama di depan Museum Cokelat Monggo (Dok)

Tak lupa para peserta juga dipersilakan untuk mencicipi cokelat yang belum diolah, langsung dari buahnya.

Dengan demikian para peserta dapat membedakan rasa cokelat ketika sudah diolah menjadi minuman dan cokelat bar dengan kadar yang berbeda.

Buah cokelat dan berbagai olahan coklat dengan kadar cokelat yang berbeda
Buah cokelat dan berbagai olahan coklat dengan kadar cokelat yang berbeda (Dok)

Selain itu, siswa juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan cokelat di pabriknya.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara kedua pihak (MOU) yaitu Irene Indri Dewi Astuti, SP. CHA (kiri) dan Ahmad Darmadi, S.Pd, M. Eng (kanan)
Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara kedua pihak (MOU) yaitu Irene Indri Dewi Astuti, SP. CHA (kiri) dan Ahmad Darmadi, S.Pd, M. Eng (kanan) (Dok)

Rangkaian acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut selain bertujuan untuk memberikan pengalaman secara nyata kepada para siswa, serta untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia, selain itu juga untuk mendukung program IHGMA DPD Yogyakarta dari divisi keanggotaan juga selaras dengan program Corporate PT. MGM terkait pendampingan SMK oleh unit Horison group. (*/adv)

Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved