Nasional

DAMRI Siapkan 12 Bus untuk Extra Flight YIA

GM DAMRI cabang Yogyakarta, Rahmat Santoso mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura I terkait extra flight.

DAMRI Siapkan 12 Bus untuk Extra Flight YIA
Tribunjogja.com | Singgih Wahyu N
Ilustrasi: Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DAMRI siapkan 12 unit bus untuk memenuhi Extra flight di Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

GM DAMRI cabang Yogyakarta, Rahmat Santoso mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura I terkait extra flight.

"Sudah ada koordinasi dengan AP I, kalau koordinasi terakhir ada sekitar 39 penerbangan. Untuk Extra flight kami siagakan 12 bus," katanya Rabu (15/5/2019).

Skenario Akses Transportasi dari Yogya ke Bandara NYIA Kulonprogo, Ada Kereta Api dan Bus Damri

Ada tiga jenis armada yang siaga. Terdiri dari lima unit medium long bus, dua medium bus dan lima kendaraan jenis Hiace.

Seluruhnya beroperasi melayani rute Stasiun Wojo, Magelang, Kebumen dan Yogjakarta.

“Jenis medium long bisa menampung 37 penumpang, untuk medium menampung 28 penumpang dan Hiace kapasitasnya 15 penumpang. Jika ditotal dalam sehari bisa menampung 316 penumpang. Bus standby terus di YIA,” sambungnya.

Mengenai tarif, tidak ada perubahan.

Rute YIA ke Stasiun Wojo dipatok harga Rp 10 ribu, YIA ke Jogjakarta Rp 40 ribu, YIA ke Kebumen Rp 50 ribu dan YIA ke Magelang RP 50 ribu.

Ia optimis jumlah bus yang disediakan mampu mencukupi kebutuhan.

Jika memang diperlukan penambahan, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut.

HPJI Sebut Peran Kereta Api Dukung Penuh Akses ke YIA

"Jumlah unit cukup, kalau memang dibutuhkan tambahan, nanti pasti akan ada koordinasi lagi. Bisa sebenarnya pakai izin insidental. Harga juga tidak berbeda dari yang pernah kita sosialisasikan," ujarnya.

"Kami juga akan melayani berapapun penumpangnya. Kemarin ada tiga penumpang ke Yogyakarta, ya kami layani karena memang itu tugas kami. Jadi masyarakat yang mau menggunakan DAMRI silahkan saja, kami juga menyediakan rute langsung ke Yogyakarta, Kebumen, dan Magelang," sambungnya.

Hingga saat ini DAMRI baru melayani 45 persen dari kuota penumpang. Hal itu karena penerbangan ke YIA masih sedikit. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved