Pendidikan

SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta Adakan Bursa Kerja 2019

Pameran bertujuan untuk memasarkan dan mempersingkat masa tunggu lulusan SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta dalam memperoleh pekerjaan.

SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta Adakan Bursa Kerja 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji  saat membuka Bursa Kerja SMK 2019 di Grand Inna Malioboro 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk meningkatkan kemitraan dan memperluas jejaring sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta menyelenggarakan pameran 'Bursa Kerja 2019' di Grand Inna Malioboro, Sabtu (20/4/2019).

Pameran bertajuk 'Make Your Way' sekaligus untuk memasarkan dan mempersingkat masa tunggu lulusan SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta dalam memperoleh pekerjaan.

5 Tempat Wisata Alam di Kulonprogo, Mulai dari Kalibiru Hingga Kebun Teh Nglinggo

Kepala SMKN 5 Yogyakarta, Yusuf Supriyanto menuturkan, kegiatan ini sekaligus memfasilitasi dunia usaha dan duni industri untuk melakukan rekrutmen secara langsung.

"Perusahaan-perusahaan ini juga membuka lamaran di sini, bagi yang memenuhui kualifikasi langsung bisa kerja di perusahaan tersebut," ujarnya pada Tribunjogja.com.

Lanjutnya, kebutuhan dunia usaha dan dunia industri ditanggapi oleh SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta dengan menyelaraskan kurikulum SMK yang sesuai dengan kompetensi kebutuhan pengguna lulusan dan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Sebagai sekolah kejuruan, SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta berupaya melakukan perbaikan untuk meningkatkan kompetensi lulusan.

"Ini untuk mewujudkan link and match antara pendidikan kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri," terangnya.

Tak hanya menampilkan stand industri, pameran ini juga menampilkan stan dari berbagai perguruan tinggi.

Disdikpora DIY Lepas 8 Armada Pengangkut Naskah Soal USBN Tingkat SD/MI

Pameran ini tentunya juga memfasilitasi siswa dan alumni SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 5 Yogyakarta serta masyarakat umum mengenai kesempatan kerja, meningkatkan motivasi untuk berwirausaha, serta membuka kesempatan melanjutkan pendidikan melalui informasi pendidikan tinggi.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Yogyakarta, Ilyas menambahkan, pameran Bursa Kerja SMK ini pertamakalinya digelar secara berkolaborasi.

Sebab menurut dia, salah satu ciri khas untuk tetap eksis di era revolusi industri 4.0 yakni dengan berkolaborasi.

"Kita ingin mengawinkan manajemen sekolah yang ada di SMKN 1 Yogyakarta dan SMKN 5 Yogyakarta berserta perangkat siswanya. SMKN 1 kan fokusnya bisnis dan manajemen, SMKN 5 griya kreatif. Jadi SMKN 5 yang produksi, SMKN 1 sebagai marketing atau akuntannya," jelasnya.

Kegiatan yang menggandeng dunia industri ini tentunya untuk mencetak tenaga kerja sekaligus mendekatkan siswa kepada dunia kerja.

"Keterserapan lulusan kami itu di dunia kerja di atas 50 persen, sedangkan yang melanjutkan ke perguruan tinggi sekitar 30 persen," tuturnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved