Melacak Jejak Indianisasi di Jawa Tengah

Situs Bototumpang Ini Sibak Kehidupan Abad 7 Masehi di Kendal

kompleks bangunan di lokasi ini diperkirakan cukup luas dan kompleks. Letaknya sebagian di permukiman, sebagian masih di persawahan.

Situs Bototumpang Ini Sibak Kehidupan Abad 7 Masehi di Kendal
TRIBUNJATENG.com | Sunarto
Seorang warga Bototumpang batu bata merah bekas struktur bangunan 

Situs Bototumpang Ini Sibak Kehidupan Abad 7 Masehi di Kendal

TRIBUNJOGJA.COM, KENDAL – Selarik pesan datang dari seorang angggota komunitas sejarah di Batang, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. “Mas, ada temuan sangat menarik ini di pesisir utara. Struktur masif di Rowosari, Weleri, Kendal,” tulisnya dalam pesan.

Dua foto segera dikirimkan. Foto pertama menunjukkan suasana ekskavasi di sebuah lokasi yang terlihat berair. Struktur bangunan berbahan bata merah tampak sangat jelas. Beberapa tenaga gali sedang mengangkat tanah dari kotak galian itu.

Suasana eskavasi di Bototumpang
Suasana eskavasi di Bototumpang (IST)

Foto kedua, kompilasi sejumlah foto yang memperlihatkan detail lain di lokasi yang sama. Struktur bangunan bata merah terlihat masih rapi di kedalaman antara satu hingga dua meter. Benang-benang penanda kotak ekskavasi masih terbentang.

Suasana proses ekskavasi
Suasana proses ekskavasi (IST)

Reporter Tribunjateng.com, Dhian Adi Putranto, yang mendatangi lokasi di Dukuh Bototumpang, Desa Karangsari, Kecamatan Rowosari, Kendal, hanya bertemu Sunarto (80), pemilik lahan, Rabu (17/4/2019).

Sunarto mengatakan, para peneliti dari Puslitbang Arkeologi Nasional (Arkenas) telah mengambil sampel artefak dari lokasi penggalian. “Sudah diangkat tim arkeolog minggu lalu," kata Sunarto yang mendapatkan warisan lahan dari orang tuanya.

Arca Mungil Ini Bisa Bantu Menguak Misteri Candi Kuna di Bawah Makam Planden Sleman

Batu Berelief Sosok Lelaki Tua Berjenggot Itu Ditemukan Tak Sengaja di Makam Planden, Sleman

Banjir Lahar Merapi 2010 Kubur Bangunan Kuna di Bawah Makam Bono Loyo

Ketua Tim Penelitian Situs Bototumpang dari Puslit Arkenas, Agustijanto Indradjaya, dihubungi terpisah, mengatakan penelitian di Bototumpang itu awal dari proyek penelitian lebih mendalam nantinya.

Ekskavasi di Kendal ini menurutnya jauh dari tuntas. "Kami baru menggali sedalam 2,2 meter. Itu belum mencapai dasar dari candi tersebut," kata Agustianto.

Warga Cangkringan Temukan Bebatuan Persegi Panjang di Kolam Ikan, Diduga Bagian Candi

Ia terang-terangan menyebut situs Botoumpang itu jejak sebuah candi.

Dilihat dari teknik bangunan, terutama struktur penyusunan bata merah, tidak ada keraguan lagi bangunan di Kendal ini mirip dengan Candi Batujaya di Karawang, Jawa Barat. Situs di pesisir utara Jawa bagian barat ini ada jauh sebelum masa keemasan Mataram Kuna.

Halaman
123
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved