Agenda Jogja Hari Ini

Sambut Hari Bumi, SALAM Bakal Gelar Tradisi Wiwitan

Tradisi ini akan digelar untuk menyambut hari bumi, 22 April dan sebagai penanda dimulainya panen raya padi di Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan.

Sambut Hari Bumi, SALAM Bakal Gelar Tradisi Wiwitan
istimewa
Poster pesta panen Wiwit di Nitiprayan, Ngestiharjo Kasihan Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sanggar Anak Alam (SALAM) berkerja sama dengan forum orang tua SALAM (FOR SALAM) warga Nitiprayan, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Suka Tani, dan didukung oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul akan menggelar tradisi Wiwitan, pada Selasa 23 April 2019.

Wiwitan atau Wiwit adalah tradisi turun temurun masyarakat Jawa, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas panen hasil bumi.

Tradisi ini akan digelar untuk menyambut hari bumi, 22 April dan sebagai penanda dimulainya panen raya padi di wilayah Nitiprayan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul.

5 Tempat Wisata Alam di Kulonprogo, Mulai dari Kalibiru Hingga Kebun Teh Nglinggo

Tokoh pendidik dan pendiri SALAM Yogyakarta, Toto Rahardjo menjelaskan secara batiniah, filosofi tradisi Wiwit adalah menjaga hubungan manusia dengan yang Maha Kuasa, Sang pemberi kehidupan melalui kekayaan alam yang melimpah. Hal itu semestinya diolah dengan tata kelola yang benar

Sedangkan secara lahiriah "wiwit" diartikan sebagai penjaga ketahanan pangan melalui budidaya petani, dalam mengolah lahan pertaniannya.

Sejatinya wiwit adalah mengambil padi yang sudah tua, untuk disimpan dan kelak digunakan sebagai benih di masa tanam yang akan datang.

“Wiwit merupakan kearifan lokal yang memiliki nilai-nilai luhur budaya bangsa karena memiliki ajaran tentang keseimbangan hidup antara manusia dengan alam,” ujar Toto Rahardjo, melalui press release yang diterima Tribunjogja.com, Sabtu (20/4/2019).

Perayaan setiap dua tahunan itu menurutnya telah rutin digelar oleh SALAM sejak tahun 2009 silam.

Dalam perayaan tradisi Wiwit, rencananya akan ada Kirab keliling kampung yang diikuti oleh warga SALAM, meliputi siswa dan orang tua, kerabat SALAM dan warga sekitar.

KSPSI Bantul Akan Gelar Senam Sehat

Dilanjutkan dengan penyerahan bibit padi dan rebutan gunungan.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved