Pemilu 2019

KPU Kota Yogyakarta Lakukan Evaluasi pada Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan

Pengaturan ruangan yang digunakan rekapitulasi berada di ruang utama kecamatan yang dibagi menggunakan sekat sehingga terdapat 4 ruangan.

KPU Kota Yogyakarta Lakukan Evaluasi pada Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Sejumlah PPS dan PPK berkoordinasi di Kantor Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta untuk memulai Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019, Jumat (19/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU Kota Yogyakarta melakukan evaluasi pada rekapitulasi suara tingkat kecamatan pada pelaksanaan hari pertama Jumat (19/4/2019) lalu.

Komisioner Bidang Data dan Informasi KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati menjelaskan bahwa beberapa kecamatan yang awalnya menggelar rekapitulasi tunggal, menjadi paralel.

"Durasi waktu per-TPS untuk menyelesaikan penghitungan kurang lebih 1-1,5 jam. Maka hari ini (kemarin), PPK yang semula melaksanakan rekap dalam kelas tunggal, mengambil strategi memecah kelas rekapitulasi menjadi pararel," ujarnya, Sabtu (20/4/2019).

Rekapitulasi Suara di Kecamatan Umbulharjo Diperkirakan Berjalan 5-7 Hari

Ia mengatakan, strategi ini terjait dengan adanya pembatasan waktu untuk pelaksanaan proses rekapitulasi tingkat kecamatan.

Maksimal waktu yang digunakan untuk rekapitulasi tingkat kecamatan adalah 5-6 hari.

"Beberapa kecamatan yang mengubah skema dari tunggal menjadi paralel yakni Danurejan, Mantrijeron, dan Pakualaman," tuturnya.

Permasalahan yang terjadi pasa saat rekapitulasi, disebutkan Nur yakni adanya beberapa kesalahan penulisan, misal antara angka tertulis dengan huruf terbilangnya.

Kesalahan-kesalahan tersebut, lanjutnya, ditindaklanjuti dengan mekanisme perbaikan yanh dilakukan di tingkat kecamatan dengan disaksikan Panwaslucam dan saksi dari peserta pemilu yang hadir.

"Bila terjadi selisih dalam proses penghitungan, maka teman-teman PPK harus mencocokkan lagi dokumen penghitungan di TPS dengan milik saksi dan Panwaslucam. Di situlah bila terjadi perbedaan, maka harus dilakukan perbaikan seperti seharusnya," ucapnya.

PPS dan PPK Umbulharjo Mulia Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved