Kota Yogya

Pemkot Yogya Targetkan Smart Room Selesai Akhir Tahun

Smart Room diperlukan untuk menghimpun data tunggal dan berfungsi sebagai command room.

Pemkot Yogya Targetkan Smart Room Selesai Akhir Tahun
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Akhir tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta akan memiliki Smart Room, yakni ruangan khusus yang digunakan untuk menunjang Kota Yogyakarta sebagai kota cerdas atau Smart City.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastana mengatakan bahwa Smart Room diperlukan untuk menghimpun data tunggal dan berfungsi sebagai command room.

5 Tempat Wisata Alam di Kulonprogo, Mulai dari Kalibiru Hingga Kebun Teh Nglinggo

"Smart Room akan dilengkapi monitor pemantau CCTV. Namun fungsinya tak hanya melihat, tapi juga memberikan action," ucapnya pada Tribunjogja.com, Jumat (19/4/2019).

Ia mencontohkan, misalkan untuk keperluan yang menyangkut OPD tertentu, Dinas Perhubungan misalkan, maka CCTV bisa diintegrasikan dengan suara sehingga selain memantau arus lalu lintas, bisa langsung memberikan imbauan kepada pengendara yang sedang berhenti di traffic light.

"Jadi kalau ada yang berhenti melampaui garis, bisa langsung ditegur melalui CCTV. Tidak perlu petugas menuju TKP. Ini akan menjadi lebih efektif," bebernya.

Selain untuk keperluan Dinas Perhubungan, Smart Room juga bisa untuk melakukan aksi terkait keamanan.

Nantinya smart room akan terkoneksi dengan alat yang disebut panic bottom yang bisa digunakan warga untuk memberitahukan ada ancaman atau bahaya di sekitar mereka.

"Misalkan saat malam hari, situasi sepi dan diikuti orang mencurigakan, bisa mampir ke tempat ramai lalu bisa memencet panic bottom. Nanti kami juga bisa melacak posisi pelapor," ungkapnya.

Pemkot Yogyakarta Siap Maksimalkan GOR di Tiap Kecamatan untuk Latihan Para Atlet

Selain itu, smart room juga merupakan tempat yang digunakan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengambil kebijakan.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved