Pemilu 2019

Kendala Teknis Sempat Warnai Pemungutan Suara di Gunungkidul

Pemungutan suara di beberapa TPS di Gunungkidul mengalami kendala teknis seperti kekurangan surat suara dan kekurangan sampul surat suara.

Kendala Teknis Sempat Warnai Pemungutan Suara di Gunungkidul
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Gunungkidul mengalami kendala teknis seperti kekurangan surat suara dan kekurangan sampul surat suara.

Hal tersebut diutarakan oleh Komisioner Humas, dan Antar Lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul, Rosita pada Tribunjogja.com, Rabu (17/4/2019).

"Kendala teknis dari mulai Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki KPU dan juga kendala teknis logistik ada beberapa kecamatan yang melaporkan adanya kekurangan surat suara namun data masih dinamis," ujarnya.

5 Tempat Wisata Alam di Kulonprogo, Mulai dari Kalibiru Hingga Kebun Teh Nglinggo

Menurutnya, dengan kekurangan surat suara di beberapa TPS mengakibatkan masyarakat pulang karena terlalu lama menunggu surat suara, ia berharap dengan adanya kejadian seperti ini masyarakat tidak menjadi golput.

"Solusi dari KPU ketika surat suara kurang makka dimintakan ke TPS terdekat yang penting masih satu desa jika satu desa tidak terpenuhi juga bisa diambil dari TPS lain yang penting masih satu kecamatan," jelasnya.

Dirinya mengungkapkan beberapa TPS yang mengalami kekurangan suara berada di Kecamatan Ponjong, Rongkop, Panggang, Wonosari, dan Girisubo kekurangan dominan surat suara dan ada juga kotak yang segelnya rusak tetapi bisa diantisipasi.

Pemegang A5 Geruduk KPU Sleman Karena Belum Bisa Nyoblos

"Di Panggang ada sekitar 100 an surat suara sedangkan Karangtengah, Kecamatan Wonosari ada di TPS 20 masyarakat masih nunggu dan akhirnya warga pamit pulang karena kurang 200an surat suara dan hanya tersedia 140an surat suara," ungkapnya.

Sementara itu Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Andang Nugroho mengatakan untuk mengatasi kekurangan tersebut pihaknya memetakan terlebih dahulu masalah kekurangan surat suara.

"Lalu sertelah dipetakan surat suara akan diambilkan ke TPS yang ada kelebihan surat suara. Yang masih berada di satu Daerah pilihan (Dapil)," pungkasnya. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved