Gunungkidul

Bawaslu Gunungkidul Temukan 5 Kasus dalam Pemungutan Suara

Is Sumarsono mengungkapkan selain ditemukannya 5 kasus tersebut pihaknya juga menemukan kasus pembakaran surat suara di Karangmojo.

Bawaslu Gunungkidul Temukan 5 Kasus dalam Pemungutan Suara
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul temukan setidaknya 5 kasus dalam pemungutan suara pada hari Rabu, (17/4/2019).

Kelima kasus tersebut antar lain netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dugaan money politik, dan perusakan suara di samping itu pihaknya juga menemukan surat suara tercampur.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Bawaslu Gunungkidul Is Sumarsono, Rabu petang.

"Ke 5 kasus tersebut tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Semanu dan Wonosari besok kita bersama Gakumdu akan lakukan investigasi," imbuhnya.

Bawaslu DIY Temukan Banyak Persoalan dalam Pemilu 2019

Ia menjelaskan untuk surat suara yang tertukar Daerah Pilihan (Dapil) pihaknya akan mengundang Panwascam untuk berkoordinasi lebih lanjut dan sudah ada surat edaran bersama Bawaslu dan KPU RI.

Disebutkan bahwa surat suara yang tertukar dapil dan sudah tercoblos maka dianggap sah dan menjadi suara partai.

"Hanya yang terjadi di lapangan ini (Gunungkidul) cukup banyak dan dianggap oleh beberapa caleg itu merugikan jika harus dikembalikan kepada suara partai dan ada salah satu caleg akan mengangkat permasalahan ini ke masalah sengketa," jelasnya.

Menurutnya selain tertukar antar dapil permasalahan yang masif adalah ketidak tepatan jumlah suarat suara yang dikirim kepada TPS-TPS.

"Lebih banyak pada hari ini adalah surat suara yang pengirimannya tidak sesuai jumlahnya sehingga banyak TPS yang kekurangan. Untuk yang dapil tertukar memang tidak dapat dilakukan pemilu ulang karena sekarang syarat pemilu ulang adalah terjadi bencana alam, dan ini tidak ada bencana dan ini hanya salah administrasi KPU tidak tepat jumlah," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved