Yogyakarta

28 April 2019, AP I Boyong Penerbangan Internasional ADS ke NYIA

Operasi penerbangan internasional di Bandara Adisucipto Yogyakarta rencananya akan diboyong ke bandara baru di Kulon Progo pada 28 April 2019.

28 April 2019, AP I Boyong Penerbangan Internasional ADS ke NYIA
istimewa
Perkembangan pembangunan NYIA di Temon, Kabupaten Kulon Progo. Foto diambil 15 April 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Operasi penerbangan internasional di Bandara Adisucipto Yogyakarta rencananya akan diboyong ke bandara baru di Temon, Kabupaten Kulon Progo pada 28 April 2019 mendatang.

Setidaknya ada empat penerbangan yang akan beroperasi di New Yogyakarta International Airport (NYIA) tersebut ketika menjalani operasi penerbangan perdananya di 29 April.

Juru Bicara Proyek Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama mengatakan boyongan penerbangan internasional itu akan dilakukan setelah penerbangan terakhir (last flight) di 28 April malam.

5 Tempat Wisata Alam di Kulonprogo, Mulai dari Kalibiru Hingga Kebun Teh Nglinggo

Ditandai dengan pemindahan peralatan custom, imigration, dan quarantine (CIQ) berserta segala komponennya di Adisucipto menuju NYIA.

Adapun penerbangan internasional terakhir itu sesuai jadwal adalah sekitar pukul 19.35.

"Di bandara baru sudah disiapkan sistemnya sehingga mereka (pihak yang terlibat untuk operasi penerbangan) tinggal bawa server saja. Tidak ribet dan besok paginya sudah penerbangan di bandara baru," kata Pandu yang juga General Manager Bandara Adisucipto tersebut, Rabu (17/4/2019).

Rencananya, operasi penerbangan di bandara baru yang diusulkan bernama resmi Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (BIY/YIA) tersebut ada empat jadwal dalam sehari.

Yakni dari Silk Air dan Air Asia mulai pukul 06.00 sampai 18.00 dengan penerbangan pertama adalah jurusan Kuala Lumpur, Malaysia.

Pandu menyebut, jadwal ini menyesuaikan operasi penerbangan internasional yang sudah ada di Adisucipto.

Terkait sistem navigasi penerbangan dan pengaturan lalu lintas pesawat, Pandu menyebut menara Air Traffic Control (ATC) sudah tersedia.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved