Pemilu 2019

217 Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Yogyakarta Ikut Gunakan Hak Suara

Sekitar 217 warga binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019

217 Warga Binaan di Lapas Kelas IIA Yogyakarta Ikut Gunakan Hak Suara
Tribun Jogja/ Christi Mahatma Wardhani
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Yogyakarta seusai mencoblos di aula Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Rabu (17/4/3019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekitar 217 warga binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu  yang diselenggaran di aula lapas, Rabu (17/4/2019).

Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta Satriyo Waluyo mengatakan tidak semua WBP bisa memanfaatkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini.

WBP Lapas Kelas IIA Yogyakarta saat ini ada sekitar 325, namun hanya 217 saja yang terfasilitasi. Pihak lapas telah berupaya, namun 108 WBP lainnya harus berbesar hati karena tidak memenuhi syarat.

"Memang kecewa, tetapi ya kami coba jelaskan. Ada WBP yang tidak memiliki NIK, karena umumnya mereka (WBP) suka berpindah-pindah, identitas sering berganti, sehingga ya mau tidak mau sekarang tidak bisa," katanya saat ditemui di Lapas Kelas IIA, Yogyakarta, Rabu (17/4/2019).

Ini Harapan Bupati Sleman bagi Pemimpin dan Wakil Rakyat yang Terpilih

Cek Hasil Quick Count Pemilu 2019 Mulai Pukul 15.00 WIB, Pantau Melalui Link di Sini

Salah satu WBP yang berhasil menggunakan hak suara, Priyono (62) mengaku sangat senang, meski harus mencoblos di TPS lapas.

Mencoblos di Lapas merupakan pengalaman pertama baginya. Menurutnya, KPU dan lapas sudah berupaya, baik melakukan sosialisasi maupun simulasi.

"Ini pengalaman pertama saya. Karena ini hak saya, meskipun di lapas tetap akan saya gunakan. Ya senang karena bisa mencoblos dan menggunakan hak pilih saya. Tentu harapannya pemimpin yang terpilih menjadi pemimpin yang baik," ujarnya. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved