Kota Yogyakarta

Sebanyak 30 Pasien RSK Puri Nirmala Tidak Memilih

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Sidik Hidayat mengatakan untuk pasien RSK, akan melakukan pencoblosan di rumah sakit, sehingga tidak perlu datang ke TPS.

Sebanyak 30 Pasien RSK Puri Nirmala Tidak Memilih
Ist
Pencoblosan Pemilu 2019 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU Kota Yogyakarta berusaha memfasilitasi bagi pasien RSK Puri Nirmala untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo mengatakan untuk pasien RSK, akan melakukan pencoblosan di rumah sakit, sehingga tidak perlu datang ke TPS.

Meski demikian, pasien RSK tersebut harus mengurus A5 (pindah memilih) terlebih dahulu, kemudian menghubungi PPK setempat.

Baca: H-1 Pencoblosan, KPU Sleman Siapkan A5 untuk Pasien di 6 Rumah Sakit

"Tetap difasilitasi, tetapi harus mengurus A5 dulu. Nanti melapor bahwa ada pasien RSK ada yang memiliki A5, sehingga nanti petugas akan datang,", katanya singkat, Selasa (16/4/2019).

Kepala Pendidikan dan Latihan bagian SDM, RSK Puri Nirmala, Kristanto mengatakan untuk saat ini ada sekitar 30 pasien RSK.

Kondisi pasien pun beragam.

Berkaca dari Pemilu 2014 lalu, meskipun ada petugas yang datang ke RSK, pasien tetap tidak bisa memberikan suaranya. Hal itu disebabkan kondisi pasien yang kurang stabil.

"Kalau tahun lalu petugasnya datang ke sini, dan pemilunya dilakukan di sini. Dulu ya ada pendampingnya juga. Tetapi kan ya pasien tetap kurang paham. Ada yang cuma diam saja, ada yang kertasnya diuwel-uwel," katanya

"Karena pengalaman yang dulu makanya kemudian memutuskan untuk tidak memfasilitasi saja. Apalagi kalau kami harus mengantar ke TPS terdekat, tambah tidak mungkin lagi. Tetapi kalau memang dari panitia datang kesini, ya kami akan terima," sambungnya.

Baca: Prosedur Pencoblosan untuk Pemilih yang Menggunakan Form A5 dan Surat Suara yang Dicoblos

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved