Kulon Progo

Jelang Puasa, Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Wates Naik Harga

TPID dalam pemantauan itu sempat mengecek ke distributor dan pedagang besar uuntuk mengetahui faktor penyebab kenaikan harga.

Jelang Puasa, Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Wates Naik Harga
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kenaikan harga terjadi pada sejumlah komoditas bahan kebutuhan pokok di Pasar Wates.

Hal itu terungkap saat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY dan Kulon Progo memantau di pasar tersebut, Selasa (16/4/2019).

Bawang merah, cabai merah keriting. cabai rawit merah dan hijau, telur broiler harga per kilogramnya naik anatara Rp1000-2000.

Daging ayam potong juga naik Rp2.000/kg, tepung terigu, gula pasir putih naik Rp500/kg.

Kenaikan tertinggi terdapat pada bawang putih yang kini harganya Rp50.000/kg dari semula Rp45.000.

Pemda DIY Koreksi Raperda Toko Swalayan Kabupaten Sleman, Tiga Hal Pokok Ini yang Dievaluasi

"Kenaikan harga ini ini wajar dan tidak terlalu signigikan. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kenaikan harganya," jelas Kepala Bagian Pengelolaan Stabilitas Pengendalian Ekonomi, Biro Perekonomian DIY, Agnes Diani Indriasari.

TPID dalam pemantauan itu sempat mengecek ke distributor dan pedagang besar uuntuk mengetahui faktor penyebab kenaikan harga.

Hanya saja, penelurusan itu tidak membuahkan hasil lantaran pedagang juga tidak mengetahui penyebabnya. Agnes mengatakan, penelisikan perlu dilakukan ke tingkat pedagang yang lebih tinggi.

Pemantauan ini disebut Agnes untuk mengetahui tren harga komoditas di pasar beserta stok bahan kebutuhan pokok menjelang bulan puasa.

Wabup Sleman Imbau Pedagang Tidak Asal Naikkan Harga Bahan Pokok

Diharapkan tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan ketika hari raya.

"Stok sampai saat ini masih aman dan tim akan mengoordinasikannya setelah pemantauan di sejumlah pasar tradisional di kabupaten/kota di DIY yang masih berlanjut," kata dia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo, Eko Wisnu Wardhana yang turut tergabung dalam tim pemantauan mengatakan fluktuasi harga komoditas itu cenderung mirip antar tahun.

Harga cenderung meningkat mendekati bulan puasa lalu menurun di pekan pertama dan kedua sebelum kemudian naik lagi menjelang Lebaran.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved