Sleman

BPJS Kesehatan KC Sleman Gelontorkan Rp 241 Miliar untuk Bayar Tagihan Klaim

Total pembayaran yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang (KC) Sleman sebesar Rp 241.055.731.119 sepanjang April 2019.

BPJS Kesehatan KC Sleman Gelontorkan Rp 241 Miliar untuk Bayar Tagihan Klaim
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Pihak BPJS Kesehatan KC Sleman saat menggelar jumpa pers Selasa (16/4/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - BPJS Kesehatan telah menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayar hutang klaim jatuh tempo BPJS Kesehatan kepada rumah sakit.

Di luar itu, BPJS Kesehatan juga melakukan pembayaran sebesar Rp 1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada Fasiltas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, khusus di wilayah kerja Kantor Cabang Sleman, total pembayaran yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang (KC) Sleman sebesar Rp 241.055.731.119 sepanjang April 2019.

Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman, Nugraheni Sjarifah Ediastuti mengatakan, di wilayah kerja KC Sleman terdapat 182 FKTP, 29 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan  (FKRTL) dan 4 optik yang telah dibayarkan dana kapitasi dan tagihan klaimnya oleh BPJS Kesehatan KC Sleman.

"Semakin rutin mengajukan klaim maka semakin cepat pula klaim dibayarkan. Tidak hanya rumah sakit tapi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama," ujarnya pada Tribunjogja.com, Selasa (16/4/2019).

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan KC Sleman, Galih Anjungsari mengatakan, sampai hari ini, tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi dan sudah jatuh tempo akan dibayar BPJS Kesehatan dengan mekanisme first in first out.

"Urutan pembayarannya disesuaikan dengan catatan kami rumah sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap. Tentu transaksi pembayaran klaimnya akan diproses terlebih dulu," katanya.

Upaya menuntaskan pembayaran fasilitas kesehatan ini dapat terwujud dengan dukungan penuh dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan.

Caleg Jangan Khawatir, Jika Stres Kalah Pemilu Biaya Bakal Ditanggung BPJS

Lanjutnya, setiap tanggal 15 merupakan tanggal pembayaran kapitasi untuk FKTP.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved