Terungkap, Forum Diskusi Rahasia Dorong Intervensi Militer ke Venezuela

Sebuah lembaga pemikir sayap kanan AS, menjadi tuan rumah pertemuan rahasia membahas krisis politik Venezuela

Terungkap, Forum Diskusi Rahasia Dorong Intervensi Militer ke Venezuela
IST/REUTERS
Presiden Venezuela Nicolas Maduro ketika menaiki tank amfibi dalam inspeksi militer di tengah krisis yang terjadi di negaranya 

Terungkap, Forum Diskusi Rahasia Dorong Intervensi Militer ke Venezuela

TRIBUNJOGJA.COM, MOSKOW - Sebuah lembaga pemikir sayap kanan (radikal) AS, menjadi tuan rumah pertemuan rahasia membahas krisis politik Venezuela.

Forum diskusi yang digelar Center for Strategic and International Studies (CSIS) itu digelar 10 April 2019. Bocoran informasi itu diunggah jurnalis investigasi Max Blumenthal, Senin (15/4/2019).

Krisis Politik : Aliran Listrik Venezuela Mati Total, Lumpuhkan Aktivitas di Seantero Negeri

Pertemuan itu akan mempertemukan pejabat AS dan Amerika Selatan untuk membahas "penggunaan kekuatan militer" ke Venezuela. Demikian disampaikan Blumenthal kepada Russia Today (RT).

Blumenthal memperoleh daftar peserta yang diundang atau akan mengikuti pertemuan yang bertajuk “Menilai Penggunaan Kekuatan Militer di Venezuela”. Lembaga CSIS ini berkantor pusat di Washington DC.

Trump Minta Rusia Mundur dari Venezuela, Moskow Ingatkan AS Harus Keluar Dulu dari Suriah

Namun diskusi meja bundar yang diadakan pada 10 April, itu di undangan tercantum tanggal 20 April. Fakta pertemuan tersebut benar-benar telah terjadi telah dikonfirmasi kepada Blumenthal oleh para pesertanya.

Namun menurut Blumenthal, mereka tidak terlalu bersemangat untuk berbicara. "Kami berbicara tentang militer ... eh ... opsi militer di Venezuela. Itu lebih awal minggu ini, ”kata peneliti Program Amerika CSIS, Sarah Baumunk.

Pemerintah Venezuela Usir Duta Besar Jerman, Berikan Waktu 2x24 Jam Untuk Tinggalkan Negaranya

Dia segera menjadi gugup, menambahkan dia tidak "merasa nyaman menjawab pertanyaan-pertanyaan ini" dan menutup telepon wartawan.

Peserta lain yang terdaftar, rekan riset dengan firma strategi internasional Hills & Company, Santiago Herdoiza, hanya mengatakan itu adalah "pertemuan tertutup" tanpa memberikan perincian.

Konflik Venezuela vs Kolombia, Maduro Tuduh Kolombia Organisir Geng untuk Serang Negaranya

“Mereka sangat gugup, seseorang di media mengetahui tentang keberadaan acara ini. Itu adalah pertemuan tingkat sangat tinggi dengan orang-orang utama di Washington yang terlibat dalam pembuatan kebijakan Trump di Venezuela, dan mereka ingin merahasiakannya sebisa mungkin, ”kata Blumenthal kepada RT.

Halaman
123
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved