Bisnis

Tanri Abeng Sebut 2 Hal Agar BUMN Maju

Sedianya semua kebijakan yang dilakukan pemerintah tidak seluruhnya berdampak baik maupun efektif terhadap kondisi ekonomi.

Tanri Abeng Sebut 2 Hal Agar BUMN Maju
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Tanri Abeng. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Polemik kelangsungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) cukup menguat jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Bahkan, dalam debat seri terakhir yang digelar oleh KPU pada Sabtu (13/4/2019) malam lalu yang mengangkat tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan dan industri, persoalan BUMN kembali jadi pembicaraan yang serius.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Tanri Abeng mengatakan, sedianya semua kebijakan yang dilakukan pemerintah tidak seluruhnya berdampak baik maupun efektif terhadap kondisi ekonomi.

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Hal itu disampaikannya usai memberikan kuliah umum berjudul BUMN - Lembaga Pelaku Ekonomi Negara dan Politik Ekonomi Inklusif melalui BUMR, Senin di UC Hotel UGM.

Kondisi ekonomi global dianggapnya juga turut berpengaruh terhadap keadaan ekonomi Indonesia saat ini.

Ia menekankan, bahwa pemerintah masih terlambat dalam menggerakkan sumber daya ekonomi pada tingkatan bawah, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional masih mentok di angka lima persen.

Kondisi itu disinyalir cukup mempengaruhi capaian dan kinerja BUMN.

Ia mengklaim secara umum kondisi BUMN saat ini bisa dibilang cukup sehat.

Menang ada beberapa BUMN yang tidak sehat, semisal Krakatau Steel.

Baca: Lonjakan Jumlah DPTb Bikin Kerawanan Kekurangan Surat Suara

"Tapi itu bisa disehatkan, alternatifnya kalau kita tidak bisa sendiri undang investor strategis dengan bermitra. Tapi menurut saya kondisi BUMN saat ini masih punya ruang untuk berkembangnya lebih besar," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved