Kota Yogya

Logistik Pemilu Kota Yogyakarta Mulai Didistribusikan

KPU Kota Yogyakarta mendistribusikan logistik untuk keperluan Pemilu 2019 ke 25 kelurahan yang ada di 7 kecamatan Kota Yogyakarta.

Logistik Pemilu Kota Yogyakarta Mulai Didistribusikan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meninjau kotak suara Pemilu 2019 di Gudang KPU Kota Yogyakarta, Senin (15/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU Kota Yogyakarta mendistribusikan surat suara, kotak suara, dan logistik lain untuk keperluan Pemilu 2019 ke 25 kelurahan yang ada di 7 kecamatan Kota Yogyakarta pada H-2 atau Senin (15/4/2019).

Distribusi tersebut menggunakan 11 armada truk yang dikawal pengamanan penuh dari pihak kepolisian menuju ke kelurahan.

"Dari gudang ini menggunakan armada tertutup. Menginap satu malam di kelurahan dengan penjagaan dari kepolisian dan Satpol PP. Selanjutnya ke TPS menyesuaikan. Ada yang menggunakan becak, motor, atau diangkat," jelas Ketua KPU Kota Yogya pada Tribunjogja.com, Senin (15/4/2019).

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Ia menjelaskan bahwa kotak suara yang didistribusikan tersebut sudah lengkap dengan surat suara di dalamnya serta dalam kondisi tersegel dan di bagian luar dilapisi dengan plastik. Sementara itu untuk kelengkapan lain misal pulpen diletakkan di luar kotak suara.

"Kami kirim berjenjang ke PPK baru ke PPS. Selanjutnya H-1 didistribusikan ke TPS dengan harapan semua surat suara pada H-1 sudah ada di TPS. Maksimal pukul 22.00," bebernya.

Dari 7 kecamatan yang dituju, Hidayat mengatakan bahwa Kecamatan Umbulharjo menjadi kecamatan yang paling banyak menerima surat suara dan kotak suara yang nantinya tersebar di 223 TPS.

Adapun untuk logistik Pemilu 2019 untuk Kota Yogyakarta, pada H-2 didistribusikan ke Kecamatan Danurejan, Jetis, Mantrijeron, Pakualaman, Tegalrejo, Umbulharjo, dan Wirobrajan. Selanjutnya pada H-1, surat suara dan logistik lain yang ada di Gudang KPU Kota Yogyakarta akan didistribusikan ke Gedongtengen, Gondokusuman, Gondomanan, Kotagede, Kraton, Mergangsan, dan Ngampilan.

"Lalu untuk surat suara rusak, akan kami musnahkan pada H-1. Diharapkan sudah bisa melakukan pemusnahan dengan cara dibakar. Jumlah surat suara rusak yakni 2.521 surat suara," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang dalam kesempatan itu melepas truk yang memuat logistik Pemilu 2019 berharap bahwa pada H-1 logistik tersebut benar-benar sudah terdistribusi hingga ke 1.373 TPS yang ada di Kota Yogyakarta.

Baca: Monitoring Logistik Pemilu, Bupati Suharsono Imbau Masyarakat Jangan Golput

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved