GTF 2019, Langkah Awal Gunungkidul Menuju Destinasi Global

Pada penyelenggaraan pertama ini, GTF 2019 menargetkan tiga ribu pengunjung. Dua ribu pengunjung regular dan seribu pengunjung VIP.

GTF 2019, Langkah Awal Gunungkidul Menuju Destinasi Global
Tribun Jogja/ Hasan Sakri Ghozali
Sejumlah pemanjat tebing mengibarkan bendera merah putih berukuran besar di kawasan Geosite Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Senin (13/8/2018). Pengibaran bendera dengan ukuran 47 meter kali 28 meter dengan berat 200 kilogram tersebut disertai pengibaran 1.000 bendera Merah Putih di kawasan embung Nglanggeran dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 RI. 

TRIBUNJOGJA.COM  - Pariwisata Gunungkidul yang tersohor dengan berbagai destinasi pantai, gua, geosite, hingga budaya, sudah saatnya mendapat perhatian dunia.

GTF 2019 hadir untuk menyatukan seluruh potensi tersebut.

Gunungkidul Tourism Festival (GTF) 2019 merupakan festival pertama terbesar dan satu-satunya yang menampilkan potensi pariwisata Kabupaten Gunungkidul secara menyeluruh dan terintegrasi.

Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, rangkaian GTF akan diselenggarakan sehari penuh pada Sabtu, 27 April 2019, pukul 10.00-23.00 WIB, di Kawasan Geosite Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul Badingah, melalui Kepala Dinas Pariwisata Asti Wijayanti mendukung penuh penyelenggaraan GTF 2019.

“GTF akan menjedi kalender pariwisata tahunan kami guna mendorong wisatawan domestic dan mancanegara tinggal lebih lama menikmati destinasi wisata di Gunungkidul,” jelas Asti optimis.

“GTF juga ditujukan untuk mendorong promosi pariwisata, cokelat, kuliner, dan kerajinan asli Gunungkidul agar mendunia, melalui kemasan festival music jazz yang bercitarasa gobal”, imbuh inisiator dan Ketua Panitia GTF 2019, Asmono Wikan.

Pada penyelenggaraan pertama ini, GTF 2019 menargetkan tiga ribu pengunjung. Dua ribu pengunjung regular dan seribu pengunjung VIP.

Hanya dengan 35 ribu rupiah, pengunjung kelas regular sudah bisa menikmati kesejukan udara puncak gunung api purba, ditemani segelas coklat hangat dan sepiring bakmi khas Gunungkidul.

Sedangkan pengunjung VIP dengan tiket 50 ribu rupiah, bakal menikmati Gunungsewu Jazz Festival di Gunungkidul, menyaksikan Anugerah Pariwisata DI Yogyakarta 2019, serta berpartisipasi dalamk ompetisi Foto On the Spot.

Tiket GTF bisa diperoleh melalui jaringan pembelian tiket online seperti Traveloka, Rajakarcis, dan KiosTix.
Gunungsewu Jazz Festival sendiri akan menghadirkan musisi ternama lokal maupun nasional, seperti Etawa Jazz, Komunitas Jazz MbenSenen, Anteng Kitiran, Dewi Kisworo, dan Nadine Andriana.

Selain itu akan ada empat stand Festival Coklat Gunungkidul, 25 Stand Festival Kuliner Tradisional Gunungkidul, 25 Stand Festival Bakmi Gunungkidul, 25 Stand Kerajinan Gunungkidul, dan puluhan stand tematik lainnya selama acara berlangsung.

Dengan mengusung konsep smart traveler, eco tourism, dan sustainability, panitia GTF 2019 menghimbau seluruh pihak yang berpartisipasi untuk membawa peralatan makan, botol minuman, dan tas belanja sendiri ke lokasi acara guna mengurangi sampah plastik sekali pakai.

Ini selaras dengan upaya GTF 2019 memadukan kearifan lokal Gunungkidul dan nilai-nilai global guna mendorong pariwisata Gunungkidul menuju level yang lebih tinggi. (*)

Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved