Yogyakarta

Besok, Bawaslu Targetkan DIY Bersih dari APK

Sejak Minggu (14/4/2019) dini hari, penurunan dan pencopotan APK berbagai jenis di empat kabupaten dan satu kota di DIY sudah dilakukan.

Besok, Bawaslu Targetkan DIY Bersih dari APK
internet
Logo Bawaslu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY menargetkan pada Selasa (16/4/2019) hari ini wilayah DIY steril dari Alat Peraga Kampanye (APK) Parpol dan peserta pemilu.

Hal ini, sesuai dengan peraturan, bahwa berbagai jenis APK sudah harus diturunkan maksimal H-1 Pemilu (Selasa, 16 April). 

Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono menjelaskan, sejak Minggu (14/4/2019) dini hari, penurunan dan pencopotan APK berbagai jenis di empat kabupaten dan satu kota di DIY sudah dilakukan.

Baca: Politik Uang Ditakutkan Masih Rentan Terjadi

Selain petugas dari Bawaslu, Panwascam dan Panwaslu Desa, juga dilibatkan sejumlah pihak terkait termasuk Satpol PP. 

“Jumlah APK terbanyak di Kota Yogyakarta (120 baliho) dan Sleman (114 baliho). Pencopotan pakai alat berat dan melibatkan Satpol PP sebagai petugas yang lebih punya keahlian teknis melepas baliho. Petugas dari Bawaslu juga melakukan penurunan Baliho sesuai kemampuan,” kata Bagus, Senin (15/4/2019). 

Hingga Minggu malam, menurut Bagus, lebih dari 50 persen baliho di wilayah DIY sudah diturunkan.

Berlanjut pada Senin hari ini, ia menerima info jika Satpol PP provinsi mengerahkan sekitar 100 petugas untuk melepas dan menurunkan baliho.

Begitupun Satpol PP di tiap kabupaten dan kota yang juga bergerak di wilayah masing-masing. 

Baca: Bawaslu Kota Yogya Soroti Sekolah yang Digunakan untuk TPS

Target Bagus, setidaknya hingga Senin malam pencopotan APK di DIY sudah mencapai lebih dari 75 persen.

Sejauh ini Bagus optimis, karena Senin malam pergerakan petugas di lapangan akan lebih masif karena malam hari dianggap lebih efektif melepas APK karena lalu lintas sepi dan faktor cuaca yang tak lagi terik. 

Sedangkan di wilayah Kulon Progo, pihaknya telah menerima laporan jika APK di sana telah bersih. Hal ini menjadi bentuk langkah progresif Panwaslu Kabupaten Kulon Progo beserta petugas terkait termasuk Satpol PP disana menurunkan APK. Targetnya, beberapa wilayah lain menyusul, untuk juga segera bersih dari APK. 

“Selasa hari ini ditarget seluruh wilayah DIY telah bersih dari APK. Kalau bisa sampai tengah hari sudah bersih. Karena malam harinya sudah fokus persiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang juga memerlukan tenaga lebih. Belum lagi untuk proses pemungutan suara pada esok harinya (Rabu),” kata Bagus. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved