Kota Yogya

Beredar Kabar KTP-el Bisa Digunakan Memilih di Mana Saja, KPU Yogya Tegaskan Isu Tersebut

Bila belum terdaftar sebagai DPT maupun DPTb, maka yang bersangkutan bisa langsung datang ke TPS dengan membawa KTP-el.

Beredar Kabar KTP-el Bisa Digunakan Memilih di Mana Saja, KPU Yogya Tegaskan Isu Tersebut
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisioner  Divisi Data dan Informasi KPU Kota Yogyakarta Siti Nurhayati mengatakan bahwa setiap WNI yang memiliki hak pilih bisa menggunakan suaranya pada Pemilu 2019.

Bila belum terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maka yang bersangkutan bisa langsung datang ke TPS dengan membawa KTP-el.

"KTP-el secara aturan bisa menggunakan hak pilihnya di tempat asal dan mendapat hak suara utuh yakni 5 surat suara. Mulai dari Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," jelasnya pada Tribunjogja.com, Senin (15/4/2019).

Baca: Menikmati Manis-Gurihnya Gurameh Bakar Ala Jambon Resto

Namun, lanjutnya, masyarakat perlu paham bahwa kondisi DPK dibatasi oleh beberapa hal.

Mulai dari waktu pencoblosan yang telah ditentukan, hingga ketersediaan surat suara.

"Jadi jangan percaya kalau ada yang bilang bisa memilih ke TPS manapun hanya dengan membawa KTP-el. KTP-el hanya bisa digunakan sesuai alamat domisili yang ada di KTP-el," tegasnya.

Berbeda dengan DPTb yang membawa formulir A5 ke TPS, ketersediaan surat suara mereka terjamin dan juga bisa menggunakan hak pilih sama seperti DPT yakni mulai pukul 07.00-13.00.

"Perlu diketahui bahwa DPTb di Gondokusuman dan Umbulharjo jumlahnya banyak. Kalau DPTb semua datang, surat suara habis, maka DPK bisa mencari TPS yang masih memiliki surat suara. Selama dalam satu kelurahan, bisa. Tapi kalau sudah habis semua, tidak bisa memilih," tambah Nur.

Baca: Sekitar 170 Sekolah dan PT di Kota Yogyakarta Jadi TPS

Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Yogyakarta, Erizal menjelaskan bahwa sesuai PKPU nomor 3 tahun 2019 dalam Pasal 9 pada ayat (1) dijelaskan bahwa pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP-el atau Suket kepada KPPS pada saat pemungutan suara.

"Hak pilih sebagaimana disebutkan pada ayat (1) hanya bisa digunakan di TPS yang berada di RT/RW atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP-el atau Suket," ujarnya.

Selanjutnya, Rizal menambahkan bahwa pemilih yang bersangkutan dapat memberikan hak pilih di TPS yang berdekatan yang masih dalam satu wilayah desa/kelurahan atau sebutan lain.

"Penggunaan hak pilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilakukan satu jam sebelum pemungutan suara di TPS selesai dan dapat memilih apabila masih tersedia surat suara," pungkas Rizal.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved