Jawa

UTBK Hari Pertama dan Kedua di Magelang Berjalan Lancar

Dari 1.740 peserta, sebagian besar hadir mengikuti ujian. Sementara 147 orang lainnya tidak hadir.

UTBK Hari Pertama dan Kedua di Magelang Berjalan Lancar
istimewa
Rektor bersama jajaran pimpinan universitas serta panitia Pusat UTBK Untidar meninjau salah satu lokasi ujian di SMA Negeri 1 Magelang,Kota Magelang, Minggu (14/4/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Hari pertama dan kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Pusat UTBK Universitas Tidar, Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4/2019) berjalan lancar.

Dari 1.740 peserta, sebagian besar hadir mengikuti ujian. Sementara 147 orang lainnya tidak hadir.

Rektor Untidar, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, mengatakan, target peserta yang melaksanakan ujian pada sesi 1- 4 ini sebanyak 1740 peserta, meski ada 8,45% peserta tidak hadir yaitu sebanyak 147 peserta.

Baca: 8.598 Peserta Ikuti UTBK Gelombang Pertama di UPN Veteran Yogyakarta

"Meski ada yang tidak hadir, pelaksanaan UTBK berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala berarti," kata Mukh Arifin, Minggu (14/4/2019) saat meninjau lokasi UTBK di SMA Negeri 1 Magelang, Kota Magelang.

Mukh Arifin mengatakan, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini berbeda dengan yang sebelumnya, dengan adanya UTBK.

Ujian tak lagi manual menggunakan kertas, tetapi menggunakan komputer.

“Hasilnya pun dapat dilihat 10 hari setelah pelaksanaan ujian. Nilai hasil UTBK inilah yang nantinya menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN,” tambahnya.

Baca: Pelaksanaan UTBK Gelombang I Sesi Pagi di UGM Berjalan Lancar

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si, mengatakan, pelaksanaan UTBK bekerjasama dengan empat sekolah di Kota Magelang, yakni SMA N 1 Magelang, SMA N 4 Magelang, SMK N 1 Magelang dan Man 1 Kota Magelang.

“Jumlah komputer di UNTIDAR masih terbatas maka itu kami bekerjasama dengan 4 mitra sekolah di Kota Magelang. Jumlah komputer dari 5 lokasi ujian ini total 435 buah. Dalam 1 hari dilaksanakan 2 sesi ujian, pagi dan siang jadi total peserta ujian UTBK UNTIDAR dalam 1 hari sebanyak 870 peserta,” tutur

Pelaksanaan UTBK resmi dimulai Sabtu, 13 April 2019 dan berakhir pada 26 Mei 2019 terdiri dari 10 hari pelaksanaan terdiri dari 20 sesi ujian.

UTBK dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu agar tidak mengganggu kegiatan akademik di kampus dan sekolah.

“Total peserta yang memililih lokasi ujian di Pusat UTBK Untidar sebanyak 8700 peserta, kuota ini habis pada hari ke-3 hingga ke-4 pembukaan pendaftaran. Tingginya peminat memungkinkan tahun depan Untidar akan menggandeng lebih banyak mitra untuk meningkatkan kuota,” ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved