Gunungkidul

Terjadi Pergeseran Pola Berpikir Masyarakat Gunungkidul Terkait Pendidikan

Kini masyarakat mulai sadar akan pentingnya pendidikan dan mulai mengenyam pendidikan untuk modal mendapatkan pekerjaan yang layak.

Terjadi Pergeseran Pola Berpikir Masyarakat Gunungkidul Terkait Pendidikan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Terjadi pergeseran pola berpikir masyrakat kabupaten Gunungkidul terkait dengan pendidikan.

Dulunya banyak anggota masyarakat yang putus sekolah karena faktor ekonomi kemudian tidak memungkinkan untuk bersekolah.

Kini masyarakat mulai sadar akan pentingnya pendidikan dan mulai mengenyam pendidikan untuk modal mendapatkan pekerjaan yang layak.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Bahron Rosyid mengungkapkan, dari dinas sendiri terus berusaha memberikan fasilitas yang memadai bagi para peserta pendidikan non formal atau kejar paket. 

"Dengan demikian diharapkan, tingkat pendidikan masyarakat Gunungkidul semakin lebih baik dan dari sini dapat mendorong warga lain untuk ikut meningkatkan pendidikan mereka meski usia mereka sudah tidak lah muda, ucap Bahron, Minggu (14/4/2019).

Baca: Akhir April, Gunungkidul Diperkirakan Memasuki Musim Kemarau

Bahron mengatakan pada tahun 2019 ini peserta kejar paket B atau yang setara dengan SMP terdapat 96 peserta yang ikut dalam UNBK, kemudian untuk paket C sebanyak 488 peserta.

Menurutnya dari tahun ketahun peserta pendidikan kesetaraan ini mengalami progres yang cukup baik. 

"Sekarang ini total terdapat 584 peserta, yang tersebar di wilayah Kecamatan Paliyan, Saptosari, Girisubo, Ponjong, Semanu, Karangmojo, Wonosari, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Tepus. Kami berikan fasilitas yang memadai agar para peserta merasa semangat dan tidak merasa terbebani," jelasnya.

Menurutnya saat ini pemerintah sedang berusaha semaksimal mungkin meiningkatkan kualitas pendidikan tak terkecuali dengan pendidikan kesetaraan.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved