Pemilu 2019

Tanggal 16 April 2019, Bantul Harus Bersih dari APK

Memasuki masa tenang menjelang hari pemungutan suara, sejumlah kawasan di Kabupaten Bantul diharapkan bersih dari alat peraga kampanye.

Tanggal 16 April 2019, Bantul Harus Bersih dari APK
Ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Memasuki masa tenang menjelang hari pemungutan suara, sejumlah kawasan di Kabupaten Bantul diharapkan bersih dari alat peraga kampanye (APK).

Termasuk di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) nantinya harus steril, tidak ada APK. Hal itu berdasarkan Peraturan Bupati (perbup) nomor 4 tahun 2019.

Ketua Divisi hukum dan pengawasan KPU Bantul, Mestri Widodo mengatakan penertiban alat peraga kampanye tingkat Kabupaten sesi terakhir akan dilakukan pada tanggal 15 dan 16 April 2019.

Baca: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo dari 7 Lembaga Survei

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi pada Senin (8/4/2019) bersama Bawaslu, POLRI-TNI dan sejumlah jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Bantul, seperti Satpol-PP, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Kami ingin memastikan sekitar TPS tidak ada lagi APK. Juga untuk memastikan ketertiban dan keamanan di sepanjang kawasan yang sudah ditegaskan Perbup nomor 4 tahun 2019 mengenai kawasan yang bebas dari alat peraga kampanye," kata dia, pada Jumat (12/4/2019) kemarin.

Baca: Instagram Berkolaborasi dengan Komikus Indonesia Rilis Stiker Pemilu Sambut Pesta Demokrasi

Partai politik peserta pemilu diharapkan dapat membersihkan alat peraga kampanye sendiri. Namun demikian, lanjut Mestri, apabila peserta pemilu tidak segera membersihkan APK dimasa tenang, maka petugas yang akan membersihkannya.

APK yang telah ditertibkan kemudian akan diamankan oleh petugas. "APK Bendera akan dilipat dan disimpan di gudang Bawaslu. Sementara APK yang tidak bisa didaur ulang akan di bawa ke TPS, tempat pembuangan sampah oleh DLH tentu saja," ujar dia.

Baca: Pemilih Tidak Boleh Pakai Atribut Kampanye saat Datang ke TPS

Ketua Bawaslu Bantul Harlina mengatakan terkait penertiban APK sebenarnya sudah dimulai sejak hari pertama masa tenang, namun penertiban masih taraf tingkat Desa dan Kecamatan. "Penertiban APK yang kecamatan dan Desa sudah mulai. Yang tingkat Kabupaten mulai Senin [besok]," terangnya.

Menurut Harlina setelah tingkat desa dan kecamatan penertiban APK akan dilanjutkan hingga tingkat Kabupaten. Pihaknya menargetkan sebelum hari pemungutan suara seluruh APK di Kabupaten Bantul harus sudah bersih.

"H-1 tanggal 16 April 2019 APK harus sudah bersih," ungkap dia. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved