Lifestyle

Musik jadi Media Healing Pasien

Menekuni sebuah profesi akan lebih mudah bila memiliki talenta lain yang meski terlihat sangat berbeda namun justru bisa mendukung profesi utama.

Musik jadi Media Healing Pasien
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Dr Riris Runggi Paputi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menekuni sebuah profesi akan lebih mudah bila memiliki talenta lain yang meski terlihat sangat berbeda namun justru bisa mendukung profesi utama yang dipilih.

Setidaknya itulah yang dirasakan oleh Riris Runggi Paputi. Perempuan yang akrab disapa Riris ini adalah seorang dokter.

Saat menempuh kuliah pendidikan dokter, ia aktif dan bahkan dikatakan serius menekuni dunia musik. Riris pernah menjadi vokalis sebuah band indie hingga didaulat menjadi seorang manajer band. 

Riris menganggap talentanya di bidang musik justru memberikannya keuntungan. Saat sudah menyandang gelar dokter, musik membuat profesi nya terasa lebih mudah.

Ia mencontohkan, ketika di sela praktek, ia bisa merasa rileks dengan mendengarkan musik yang ia sukai.

Baca: Komposisi Warna Cat Tentukan Karakter Motor

Pun ketika sedang praktek, beberapa pasien ia ajak bercerita soal musik yang mereka sukai. Menurut Riris, ini salah satu cara untuk mencairkan suasana agar pasien yang datang ke dokter tidak merasa tegang dan bisa santai.

"Memang ngga semua pasien diajak ngomong soal musik. Lihat situasi dan kondisi juga,di luar antrean pasien penuh apa tidak. Kadang yang datang ke dokter kan ngga harus orang sakit, bisa jadi cek kesehatan berkala. Ngobrol dengan pasien soalan apapun itu bisa membuat pasien rileks, kebetulan aku pernah bergelut di dunia musik jadi yang aku obrolkan ya musik, bisa juga jadi media healing," kata Riris.

Lanjut Riris, pengalaman menjadi anak band  yang kerap pentas di berbagai acara  membuat Riris merasa lebih percaya diri ketika berhadapan dengan pasien.

Hal ini lantaran Riris merasa terbiasa berkomunikasi di panggung sehingga lebih mudah menggali permasalahan pasiennya.

Halaman
12
Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved