Pemilu 2019

Masuki Masa Tenang, Bawaslu dan Satpol PP Sleman Mulai Tertibkan APK

Masuki Masa Tenang, Bawaslu dan Satpol PP Sleman Mulai Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Masuki Masa Tenang, Bawaslu dan Satpol PP Sleman Mulai Tertibkan APK
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Penertiban salah satu APK di billboard yang terpasang di Simpang Ring Road Gamping, Minggu (14/04/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada Minggu (14/04/2019). Penertiban tersebut dibantu oleh petugas dari Satpol PP Sleman.

Divisi Sengketa Bawaslu Sleman Sutoto Jatmiko mengatakan penertiban dilakukan lantaran masa kampanye telah usai.

"Per 14 April pukul 00.00 WIB sudah memasuki masa tenang. Para peserta pemilu juga telah kami imbau untuk menertibkan APK secara mandiri," jelas Toto di Simpang Ring Road Gamping.

Menurut Toto, fokus penertiban hari ini adalah APK berukuran besar seperti baliho serta spanduk yang terpasang di billboard. Terutama yang terpasang di jalan-jalan utama di wilayah Sleman.

Baca: Tanggal 16 April 2019, Bantul Harus Bersih dari APK

Jenis APK tersebut menjadi prioritas karena menyesuaikan peralatan yang ada. Bawaslu Sleman difasilitasi kendaraan crane serta truk pengangkut milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman.

"Sementara APK di jalan-jalan kecil serta gang-gang, penertibannya kami serahkan ke Trantib di kecamatan masing-masing," kata Toto.

Ketua Bawaslu Sleman Abdul Karim Mustofa melalui pesan singkat mengumumkan jadwal penertiban APK jenis billboard. Penertiban dimulai hari ini hingga Selasa (16/04/2019).

Baca: Jelang Coblosan, Badingah Tegaskan ASN Harus Netral

Penertiban dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Selama 3 hari ke depan, penertiban dilakukan dengan menerjunkan dua kelompok berbeda setiap harinya.

"Seperti hari ini ada penertiban di wilayah Depok sebanyak 110 APK dan wilayah Gamping sebanyak 40 APK," kata Karim pagi tadi.(tribunjogja)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved